get app
inews
Aa Read Next : Pahami 4 Tips Ini Sebelum Kalian Membeli Hewan Kurban

7 Kesalahan Saat Memasak, Salah Satunya Memanaskan Grill Terlalu Cepat

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 11:03 WIB
header img
Ilustrasi Kesalahan saat Memasak. (Foto: Shutterstock)

SEBAGIAN masyarakat di dunia memilih untuk memasak makanan dirumah dibandingkan membeli di restoran karena lebih sehat dan juga murah. Namun, tidak semua orang dapat memasak dengan benar. Memasak harus tetap memperhatikan kandungan gizi dan menjaga panganan yang aman untuk dikonsumsi.

Beberapa ahli pangan serta chef kemudian membagikan tips tentang hal-hal yang pantang untuk dilakukan ketika memasak, seperti dilansir Antara dari Eatthis.

Jangan mencuci ayam atau daging unggas yang mentah Chef Daniel Kenney dari Liberty Hotel di Amerika Serikat mengungkapkan bahea mencuci daging unggas tidak efektif untuk membunuh bakteri yang menempel di daging.

"Sebaliknya, mencuci daging unggas malah menyebabkan bakteri menyebar di sekitar tempat Anda mencuci, melalui cipratan air cucian. 

Bakteri tidak mati ketika daging unggas dicuci," kata Daniel.

Selain itu mencuci daging unggas justru membuat kulit unggas semakin lembut sehingga tidak garing ketika dimasak. Anda cukup mengelap daging unggas dengan tisu kering yang tebal dengan cara ditepuk-tepuk.

Jangan memanaskan grill terlalu cepat

Bila Anda hendak menggunakan panggangan daging atau grill, panaskan grill secara perlahan.

"Jika grates panggangan Anda sangat panas hingga memutih, Anda akan membakar apa pun yang ditaruh di atasnya. Memanggang dilakukan dengan api besar, tapi jangan berlebihan, biarkan waktu panggangan Anda mencapai suhu yang tepat, dan letakkan dagingnya," ujar Chef Ryan Marcoux dari restoran Grill 23 & Bar.

Jangan langsung memasak daging yang baru dikeluarkan dari freezer atau chiller

Chef Robert Sisca dari The Banks Fish House mengatakan bahwa daging yang baru dikeluarkan dari lemari pendingin, harus memiliki suhu normal ketika akan dimasak.

Biarkan daging bersuhu ruangan, Anda bisa meletakkannya di talenan atau piring terlebih dahulu dan biarkan setidaknya 10 hingga 15 menit sebelum dimasak. Hal ini berguna untuk membuat daging matang sempurna dan tidak kering.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut