get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Simak 6 Tips Memasak Bagi Para Pemula

Jum'at, 30 Desember 2022 | 17:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Kebanyakan laki-laki maupun perempuan di dunia pandai memasak, namun sebagian orang menganggap memasak adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Padahal, memasak merupakan kemampuan dasar yang harus dilakukan untuk bertahan hidup dan seharusnya dapat dilakukan oleh semua orang.

Para pemula yang ingin belajar masak sebaiknya harus mengetahui tips dan trik dalam memasak. Tak hanya untuk membuat momen memasak menjadi mudah saja, namun tips dan trik ini juga dapat membantu menjadi lebih jago dalam memasak.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, menukil NDTV Food, Kamis (22/12/2022) berikut enam tips dan trik memasak untuk si pemula biar semakin jago.

1. Menguasai resep: Cara menguasai resep adalah dengan membaca resepny dengan seksama, jangan hanya membaca sepintas lalu. Catat semua bahan, dan kumpulkan semuanya sebelum mulai memasak. Baca langkah-langkahnya dengan seksama terlebih dahulu agar sudah tahu apa langkah selanjutnya saat memasak. Ini akan menghindari kebingungan dan kesalahan selama proses memasak.

2. Potong bawang tanpa air mata: Triknya adalah dengan mengoleskan sedikit cuka pada pisau sebelum dipakai untuk mengiris bawang. Bisa juga coba trik dari Chef Gordon Ramsay, yakni biarkan akar bawang tetap utuh sebelum bawang diiris. Segera setelah akarnya dicabut, sarinya dilepaskan ke udara. Jadi, langsung iris bawang bombay dan ambil dari sana untuk dipotong lagi sampai ke akarnya.

3. Uleni adonan sempurna: Supaya adonan halus dan kalis, selalu tambahkan air secara bertahap saat. Tujuannya agar kita bisa mengamati berapa banyak air yang dibutuhkan. Selain itu, coba gunakan air bersuhu hangat suam-suam kuku untuk menguleni adonan agar lembut dan mengembang dan jangan lupa diamkan adonan minimal 15 menit sebelum digunakan.

4. Masak pasta al dante: Agar dapat tekstur yang tepat, selalu tambahkan pasta ke dalam air mendidih. Menambahkan sedikit garam dan minyak membantu pasta mengembang dan mencegahnya saling menempel. Periksa sebelum kompor dimatikan, karena pasta tidak boleh terlalu lembek dan juga tidak terlalu keras. Bilas dengan air dingin segera, agar proses memasak dari panas uap bisa berhenti dan juga agar tak lengket.

5. Membumbui makanan: Sebagai pemula, memang butuh waktu untuk memahami takaran bumbu yang akan ditambahkan ke dalam masakan. Ikuti resepnya dan sesuaikan jumlah bumbu sesuai jumlah hidangan. Selalu tambahkan garam sedikit-sedikit, sesuai resep. Ingat, kalau kurang asin, garam bisa ditambahkan kapanpun jika diperlukan.

6. Selalu tes rasa: Percayalah, bahkan koki profesional pun melakukan ini. Tetap cicipi hidangan, alias selalu tes rasa saat sedang memasak untuk menguji tingkat bumbu dan sesuai selera. Kenapa? Karena setelah masakan matang, akan lebih sulit lagi untuk mengubah bahan dan rasa. Jadi, perbaiki selagi bisa.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut