get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

8 Tips agar Kuat Menjalani Ibadah Puasa Ramadhan Ditengah Musim Kemarau

Selasa, 21 Maret 2023 | 17:29 WIB
header img
(Foto : ilustrasi)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Bulan suci Ramadhan sudah didepan mata, sudahkah anda mempersiapkan diri agar kuat menjalankan ibadah puasa selama sebulan Penuh?

Apalagi ditahun 2023 ini, beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau dan tentunya ditengah menjalankan ibadah puasa, aktivitas seperti bekerja pun tidak bisa kita hindari.

Lantas, hal apa yang bisa dilakukan agar kita mampu menjalankan ibadah puasa ditengah musim kemarau dan padatnya akitivitas sehari-hari? Merangkum dari laman Musliminc, Selasa,(21/3/2023). berikut ulasan singkat delapan cara sederhana mempersiapkan tubuh supaya kuat menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

1. Puasa lebih awal
Beberapa hari sebelum Ramadhan, disarankan untuk puasa sunah. Cara ini dikatakan bisa sangat membantu karena akan memberikan gambaran nyata pada tubuh tentang apa yang akan dijalani selama satu bulan mendatang.

2. Konsultasi ke dokter
Jika punya penyakit tertentu dan tidak yakin apakah aman untuk berpuasa, hubungi dokter untuk berkonsultasi. Sehingga menjadi tahu apakah kondisi kesehatan diri baik-baik saja jika berpuasa.

3. Sarapan lebih awal
Mulailah sarapan lebih awal, sehingga tubuh jadi bisa beradaptasi dengan rutinitas makan sahur nanti. Terutama bagi orang-orang yang sehari-hari cenderung biasa tidak sarapan pagi.

4. Stok bahan makanan
Meal planning sebelum Ramadhan disebutkan bisa membuat seseorang siap menjalani ibadah puasa lebih nyaman, karena sudah punya menu makanan sahur dan berbuka selama tujuh hari pertama bulan Ramadhan dan yang terpenting jadi tahu bahan makanan apa saja yang perlu dibeli dan tersedia stoknya di rumah.

5. Hindari ngemil
Menghindari snacking time atau waktu mengemil sebelum Ramadhan akan membantu tubuh dan diri kita beradaptasi dengan kebiasaan makan hanya dua kali dalam sehari saat Ramadan, makan sahur dan berbuka puasa.

6. Tidur teratur
Jika sering tidur larut, usahakan untuk tidur lebih awal agar bisa bangun untuk sahur. Ingat bahwa di bulan Ramadhan kita tetap harus bekerja atau beraktivitas seharian seperti biasa. Jadi simpan energi Anda.

7. Hindari asupan kafein
Jika Anda penggemar berat kopi, coba kurangi atau hentikan sama sekali asupan kafein sehari-hari. Bisa coba mulai mengurangi jumlah gelas kopi yang diminum. Batasi hanya satu cangkir per hari, lalu mulailah minum kopi tanpa kafein sampai benar-benar bisa tidak meminumnya sama sekali.

8. Atur porsi
Cobalah sebisa mungkin untuk tidak berbelanja makanan secara berlebihan. Ini hanya akan meningkatkan nafsu makan sehingga membuat Ramadhan malah terasa sulit dijalani.
 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut