get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

Ganjar Sambangi Kamar Bersejarah Rengasdengklok yang Ditempati Soekarno Sehari Sebelum Kemerdekaan

Sabtu, 16 Desember 2023 | 00:25 WIB
header img
Ganjar Pranowo di Rumah Rengasdengklok/Okezone

KARAWANG,iNews.id-Dalam kampanyenya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, 
Calon Presiden (Capres) 2024,Ganjar Pranowo menyambangi Rumah Rengasdengklok,Jumat (15/12/2023).

Rumah Rengasdengklok tersebut merupakan saksi sejarah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Diketahui, Rumah Rengasdengklok merupakan tempat Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama, Soekarno dan Mohammad Hatta saat diasingkan oleh golongan muda.

Peristiwa Rengasdengklok terjadi di rumah seorang petani keturunan Tionghoa bernama Djiauw Kie Siong. Rumah Djiauw Kie Siong terletak di Dusun Bojong, Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. Djiauw Kie Siong sendiri adalah petani yang tinggal di sekitar Sungai Citarum.

Mengenakan kemeja putih, Ganjar datang ke rumah Rengasdengklok tidak sendirian. Ia didampingi oleh istrinya, Siti Atikoh.

Ganjar meninjau kamar yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno atau Bung Karno beserta Hatta pada 16 Agustus 1945 atau sehari sebelum proklamasi kemerdekaan RI.

Dalam ruangan kamar, nampak sebuah ranjang tua dari kayu jati serta ditutupi oleh kelambu berwarna transparans. Ada pula beberapa foto Soekarno yang terpajang di dinding di dalam kamar tersebut.

Setelahnya, Ganjar juga menengok kamar Muhammad Hatta yang berada di seberang kamar Soekarno. Sama seperti saat masuk ke Kamar Soekarno, di kamar Hatta ini, Ganjar menengok seluruh isi ruangan. Di ruang tamu, tampak dipajang sejumlah foto Soekarno dan Kie Siong.

Ditemui usai berkeliling Rumah Rengasdengklok, Ganjar mengaku sengaja mengunjungi tempat bersejarah ini setelah mengelilingi Karawang untuk berkampanye sebagai Capres.

"Karena sekali lagi di sekitar Karawang dan di sini ada tempat bersejarah Rengasdengklok, saya kira semua tahu lah,” ucap Ganjar.

Menurut Ganjar, Rumah Rengasdengklok ini mempunyai makna penting dalam perjalanan kemerdekaan bangsa Indonesia. Saat itu, Soekarno-Hatta diculik oleh sekelompok anak muda yang mendesak kemerdekaan RI.

"Ini sejarah yang mesti dilihat, datang lah ke sini untuk tahu sejarah," ajak Ganjar.

Lebih jauh, dari kunjungan ke rumah Rengasdengklok, Ganjar mendapatkan sebuah kesimpulan yakni semangat kebersamaan untuk perjuangan harus selalu diutamakan mengingat kemerdekaan RI dilakukan oleh semua kelompok.

"Semangat kemandirian, semangat perjuangan tidak selalu memberi, tidak berharap untuk memberi. Kami bisa merebut, kami bisa lakukan sendiri dan kami tidak bisa didikte," kata Ganjar.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut