get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Menilik Pola Hidup Sehat Rasulullah SAW, Baca  Selengkapnya!

Jum'at, 17 Februari 2023 | 12:59 WIB
header img
Menilik Pola Hidup Sehat Rasulullah SAW (Foto : istimewa)

Biasanya penyakit jantung dikarenakan peningkatan kolesterol yang biasanya akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Sedangkan obesitas terjadinya kegemukan secara berlebihan dan berpotensi tekanan darah tinggi hingga serangan jantung.

Bukan hanya dari pakar gizi yang mengimbau supaya kita hidup sehat. Seperti dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karha Dr Nadiah Thayyarah, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam telah lama mengajarkan menjaga keseimbangan pola makan.

Sebagaimana riwayat dari Imam At-Tirmidzi yang meriwayatkan dari Ibnu Umar:

"Seorang laki-laki bersendawa di hadapan Rasulullah. Beliau lalu berkata,'Hentikan sendawamu itu dari kami, karena orang yang paling banyak kenyang di dunia, ia akan menjadi orang yang paling lama laparnya di hari kiamat'."

Ini berarti makan terlalu berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun tidak menyukai orang yang terlalu kenyang (makan), lalu bersendawa di depan orang lain, karena dianggap tidak sopan.

Dan, Aisyah meriwayatkan:

"Petaka pertama di tengah umat ini setelah zaman Nabi-nya adalah kekenyangan. Ketika perut suatu kaum kenyang, maka tubuh mereka akan liar." (HR Bukhari)

Artikel ini telah diterbitkan pada Link : https://muslim.okezone.com/amp/2021/09/02/616/2464839/ini-cara-rasulullah-saw-menjalani-hidup-sehat?page=2

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut