get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Menilik Pola Hidup Sehat Rasulullah SAW, Baca  Selengkapnya!

Jum'at, 17 Februari 2023 | 12:59 WIB
header img
Menilik Pola Hidup Sehat Rasulullah SAW (Foto : istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Menjalani hidup sehat merupakan salah satu ajaran yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Bagaimana tidak, cara Rasulullah SAW dalam menjalani hidup sehat patut diteladani oleh para kaum muslimin.

Dan perlu kita ketahui juga bahwa ilmu pergizian tidak hanya ditemukan dan dikembangkan oleh para ilmuwan terkini. Ternyata Allah Subhanahu wa ta'ala telah menghimpun ilmu kesehatan dan gizi dalam satu ayat, terdiri dari tiga kalimat saja.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: 

‎يٰبَنِىۡۤ اٰدَمَ خُذُوۡا زِيۡنَتَكُمۡ عِنۡدَ كُلِّ مَسۡجِدٍ وَّكُلُوۡا وَاشۡرَبُوۡا وَلَا تُسۡرِفُوۡا‌ ۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الۡمُسۡرِفِيۡنَ

"Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.(QS Al A'raf: 31)

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ternyata punya menu berbeda dalam setiap waktu makannya. Menurut Ibn Abi Umar dari Sufyan, dari Ma'mar, dari Zuhairi, dari 'Urwah, dari Aisyah, Rasulullah diketahui mengonsumsi madu untuk sarapannya. Selain madu, Rasulullah juga mengonsumsi air dingin.

"Minuman yang paling sering diminum Rasulullah ialah air dingin manis, itu berasal dari air dingin yang dicampur madu."

"Tidaklah anak Adam mengisi satu bejana yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makan sekadar untuk menegakkan tulang punggungnya. Jika tidak, maka buatlah perutnya sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk udara napasnya." (HR Ahmad dan Tirmidzi)

Penyakit yang datang kepada manusia disebabkan oleh banyak hal, di antaranya badan sedang kurang fit dan mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Misalnya penyakit jantung, salah satu caranya adalah menghindari peningkatan kolesterol dan obesitas.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut