Ciptakan Sejarah Baru di Race MotoGP Argentina 2022, Inilah Faktanya

Hakiki Tertiari , Okezone
5 fakta race MotoGP Argentina 2022 (Foto: MotoGP)

Balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina telah rampung pada Senin (4/4/2022) dini hari WIB.

Namun dari rangkaian balapan tersebut, terkuak sejumlah fakta menarik yang terjadi di MotoGP Argentina 2022. Salah satunya adalah hasil dari balapan. Di mana Aleix Espargaro sukses menciptakan sejarah baru.

Selain itu, masih ada sejumlah fakta menarik lainnya.  Inilah 5 fakta race MotoGP Argentina 2022:

1. Aleix Espargaro Ciptakan Sejarah

Di urutan pertama, sejarah baru di MotoGP berhasil diciptakan oleh Aleix Espargaro. Pembalap 32 tahun itu berhasil menjadi juara di kelas MotoGP untuk pertama kalinya. Ya, gelar ini jadi yang pertama bagi Aleix Espargaro selama ia berkarier 13 tahun di MotoGP.

Catatan gemilang itu melanjutkan tren positif, ketika ia berhasil jadi yang tercepat di sesi kualifikasi. Sempat dibalap Jorge Martin di awal balapan, Aleix Espargaro kembali merangsek ke posisi pertama ketika balapan menyisakan lima lap terakhir.

Dengan hasil ini ia melejit ke puncak klasemen MotoGP 2022. Aleix Espargaro bertengger di urutan pertama dengan 45 poin, unggul tujuh angka dari pesaing terdekatnya, Brad Binder di posisi kedua.

Nonton semua seri balapan MotoGP 2022 kapan saja dan di mana saja live di Vision+, cek di sini. Download Vision+ sekarang di Google Play Store atau App Store.

2. Kemenangan Pertama Aprilia Racing di MotoGP

Kemudian, ada catatan manis yang berhasil dituai Aprilia Racing. Tim balap asal Noale, Italia itu untuk pertama kalinya tembus podium. Tim Aprilia Racing sendiri diwakili oleh Aleix Espargaro, yang berhasil menjadi juara MotoGP Argentina 2022.

Kemenangan tersebut sangat berharga bagi Aprilia Racing. Sebab di dua race MotoGP 2022, para pembalap Aprilia belum ada yang bisa menembus podium.

3. Podium Pertama Jorge Martin di MotoGP 2022

Setelah penantian dua race di MotoGP 2022, pembalap Pramac Racing, Jorge Martin akhirnya berhasil mencicipi podium. Keberhasilan ini jadi yang pertama kalinya bagi Jorge Martin, sejak naik ke kelas MotoGP tahun lalu.

Selain itu, ia pun belum pernah lolos di luar dua besar pada MotoGP 2022 sejauh ini. Dengan finish di urutan kedua, Jorge Martin berhak mendapat 20 poin. Tambahan poin itu mendongkrak posisinya ke urutan sembilan pada klasemen sementara MotoGP 2022.

4. Repsol Honda Gagal Total

Di MotoGP Argentina 2022, Repsol Honda gagal total. Turun tanpa Marc Marquez di balapan, dua pembalap Repsol Honda gagal meraih poin.

Pembalap pengganti mereka Stefan Bradl harus puas finish di urutan ke-19. Sementara itu Pol Espargaro yang jadi harapan utama, justru gagal finish, karena jatuh di tikungan dua. Padahal, Pol Espargaro memulai balapan dengan menempati posisi keempat

5.Tiga Pembalap Spanyol Naik Podium

Seperti diketahui, tiga pembalap dari beda tim, yaitu Aleix Espargaro, Jorge Martin, dan Alex Rins berhasil naik podium di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Aleix Espargaro dari Aprilia Racing berhasil jadi juara. Kemudian diikuti Jorge Martin (Pramac Racing) di posisi kedua.

Sementara itu, di urutan ketiga berhasil ditempati oleh pembalap Suzuki Ecstar, yaitu Alex Rins. Walaupun ketiga pembalap itu berbeda tim, uniknya tiga pembalap tersebut berasal dari satu negara yaitu Spanyol.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network