get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Jenis Gandum yang Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Simak 14 Manfaat Daun Sirih. Salah Satunya Penangkal Kanker

Selasa, 07 Juni 2022 | 11:51 WIB
header img
Daun Sirih (Foto : articlesofthealtcare)

6. Menangkal kanker

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih merah dapat membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

7. Obat radang prostat

Daun sirih merah bisa Anda jadikan alternatif untuk mengobati masalah peradangan prostat. Daun sirih merah mengandung antioksidan tanin dan saponin, serta zat aktif hydroxychavicol yang membantu memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat agar dapat kembali berfungsi seperti normal.

8. Mencegah infeksi bakteri

Pemberian ekstrak daun sirih terbukti dapat menekan pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus di dalam tubuh. Bakteri ini merupakan bakteri Gram positif yang dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit sesuai tingkat keparahannya, mulai dari infeksi saluran pernapasan hingga sepsis.

9. Mengurangi kadar gula

Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati

10. Bikin awet muda

Mengkonsumsi daun sirih mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah. Dengan khasiat daun sirih yang bersifat antiflamasi bikin wajah awet muda.

11. Mengurangi depresi

Ekstrak daun sirih memgurangi depresi yang dialami banyak orang. Hal ini  tergantung dosis yang membantu untuk pengobatan gangguan kegembiraan mental yang berlebihan.

12. Menurunkan tingkat kolesterol darah

Sebagian besar dari kita sadar tentang masalah kesehatan yang terkait dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi.  Rebusan daun sirih bila diminum dalam dosis yang dianjurkan bisa  membantu menurunkan kadar kolesterol. Sehingga,  mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, stroke dan penyakit terkait jantung lainnya.

13. Mengobati asam urat dan radang sendi

Rebusan daun sirih  merupakan obat tradisional untuk asam urat, arthritis, dan penyakit atau gangguan artikular lainnya yang berhubungan dengan sendi.

14 . Mengobati masalah sistem kemih

Dibeberapa negara Asia seperti Filipina, daun sirih  dibuat menjadi teh herbal atau dikonsumsi sebagai rebusan dipercaya dapat mengobati penyakit kencing batu.  Hal ini dilakukan dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. (RIN)

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut