get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Jenis Gandum yang Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Simak 14 Manfaat Daun Sirih. Salah Satunya Penangkal Kanker

Selasa, 07 Juni 2022 | 11:51 WIB
header img
Daun Sirih (Foto : articlesofthealtcare)

Tanaman daun sirih memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama wanita. Tanaman daun sirih merupakan tanaman herbal dan biasanya digunakan sebagai pembersih bagian intim wanita, namun sebenarnya banyak manfaat lain pada daun sirih yang dapat bermanfaat bagi kesehatan wanita maupun pria.

Kandungan senyawa yang aktif pada daun sirih dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Daun yang termasuk keluarga tumbuhan Piperaceae ini mengandung minyak atsiri yang terdiri dari daro betlephenol, kavikol, seskuiterpen, hidroksikavikol, cavibetolm estragol, eugenol, dan karvakrol.

Berikut 14 manfaat daun sirih bagi wanita yang dilansir dari Health Benefit:

1. Membersihkan vagina

Vagina menjadi organ penting yang perlu dijaga kebersihannya untuk mencegah rasa gatal, bau tidak sedap, dan keputihan. Daun sirih mengandung polifenol dan kavikol yang dapat mengurangi rasa gatal pada organ intim wanita. Kandungan minyak atsiri juga menghilangkan aroma tidak sedap. Rebus daun sirih, saring airnya, lalu basuhkan untuk mencuci area kewanitaan.

2. Mengobati payudara bengkak

Daun sirih dapat mengobati mastitis atau kondisi peradangan pada payudara ibu menyusui yang ditandai bengkak. Senyawa allylprokatekol dan karvakrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Bakar daun sirih sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat. Serta bisa mengencangkan payudara bagi ibu menyusui.

3. Mengurangi nyeri haid

Kandungan minyak atsiri, terpenoid, dan klavikula pada daun sirih bisa mengurangi nyeri perut saat haid. Adanya antioksidan juga mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh. Bahan alami ini mampu mengembalikan keseimbangan pH tubuh sehingga sakit perut bisa mereda. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.

4. Mencegah rambut rontok

Ilmu Ayurveda merekomendasikan menggunakan daun sirih untuk masalah rambut, salah satunya kerontokan. Tumbuk daun sirih dengan minyak wijen atau minyak kelapa, lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan sekira satu jam dan basuh dengan sampo.

5. Mengobati jerawat

Daun sirih kaya akan anti-inflamasi yang mencegah dan mengobati jerawat. Minyak esensialnya menenangkan jerawat yang meradang. Tumbuk daun sirih sampai menjadi pasta, lalu oleskan pada wajah. Airnya juga bisa digunakan untuk mencuci wajah.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut