Logo Network
Network

Dear Bunda, Ternyata ini 5 Penyebab Bayi Sering Muntah

Alifia Furaida Salsabila/Elsa Tiara Novanti
.
Rabu, 25 Januari 2023 | 13:01 WIB
Dear Bunda, Ternyata ini 5 Penyebab Bayi Sering Muntah
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai penyebab bayi sering muntah. Saat diberi ASI, seringkali bayi muntah. Hal ini adalah hal yang normal jika frekuensinya tidak terlalu sering. Namun, orangtua harus tetap waspada dan harus memahami penyebab bayi sering muntah, hal ini lantaran penyebab bayi muntah bisa karena salah satu gejala penyakit pada bayi.

Kebanyakan bayi biasanya akan mengalami gumoh. Gumoh merupakan sebutan untuk bayi yang muntah setelah meminum ASI. Jika Anda merasa muntah bayi terjadi terlalu sering, sebaiknya bayi dibawa ke dokter untuk ditindaklanjuti.

Berikut beberapa penyebab bayi sering muntah yang dilansir dari berbagai sumber.

Penyebab Bayi Sering Muntah

1. Gastroenteritis

Jika bayi sering muntah bisa jadi karena gastroenteritis. Gastroenteritis keadaan usus yang terinfeksi.

2. Alergi Makanan

Penyebab lain kenapa bayi sering muntah karena alergi makanan. Apabila anak sudah menunjukan jika dia alergi dengan makanan, harus segera dibawa ke dokter.

3. Berbagai Jenis Infeksi

Bayi yang terlalu sering muntah bisa indikasi terkena beberapa jenis infeksi. Untuk memastikannya, sebaiknya cek ke dokter.

4. Radang Usus Buntu

Ketika seseorang terkena radang usus buntu, salah satu gejalanya yaitu sering muntah. Usus buntu mengalami pembekakan yang membuat sakit perut.

5. Keracunan Makanan

Makanan bisa menjadi faktor utama kenapa bayi menangis hingga muntah. Maka dari itu sebelum anak diberi makan bayi, perhatikan kebersihannya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini