get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut Deretan Peninggalan Kerajaan Islam Pertama di Indonesia, dari Harta Benda hingga Makam Ratu

Senin, 26 September 2022 | 13:53 WIB
header img
Peninggalan Kerajaan Samudera pasai, Lonceng Cakra donya. (Antara)

6. Hikayat Raja-Raja Pasai
Hikayat Raja-Raja Pasai merupakan peninggalan Kerajaan Samudera Pasai berupa karya berbahasa Melayu yang bercerita tentang kerajaan Islam pertama di Nusantara, Samudera Pasai.

Menurut Dr. Russel Jones, hikayat ini ditulis pada abad ke 14. Hikayat ini mencakup masa dari berdirinya Kesultanan Samudera Pasai sampai ditaklukkan oleh Kerajaan Majapahit. 

7. Naskah Surat Sultan Zainal Abidin
Naskah surat Sultan Zainal Abidin merupakan peninggalan Kerajaan Samudera Pasai yang ditulis oleh Sultan Zainal Abidin sebelum meninggal pada tahun 1518 Masehi atau 923 Hijriah. Surat tersebut ditujukan ke Kapitan Moran yang bertindak atas nama wakil Raja Portugis di India.

Surat Sultan Zainal Abidin ditulis menggunakan bahasa arab, isinya menjelaskan mengenai keadaan Kesultanan Samudera Pasai pada abad ke-16. Selain itu, dalam surat ini juga menggambarkan mengenai keadaan terakhir yang dialami Kesultanan Samudera Pasai setelah bangsa Portugis berhasil menaklukkan Malaka pada tahun 1511 Masehi.

Nama-nama kerajaan atau negeri yang memiliki hubungan erat dengan Kesultanan Samudera pasai juga tertulis di dalamnya. Sehingga diketahui pengejaan serta dan nama-nama kerajaan atau negeri tersebut. Kerajaan atau negeri yang tertera dalam surat tersebut diantaranya Negeri Mulaqat (Malaka) dan Fariyaman (Pariaman).

Itu dia uraian mengenai Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Islam pertama di Nusantara.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut