get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut Deretan Peninggalan Kerajaan Islam Pertama di Indonesia, dari Harta Benda hingga Makam Ratu

Senin, 26 September 2022 | 13:53 WIB
header img
Peninggalan Kerajaan Samudera pasai, Lonceng Cakra donya. (Antara)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Kerajaan Samudera Pasai adalah kerajaan Islam pertama di Nusantara. Kerajaan ini berjaya hingga 3 abad. Terhitung dari abad ke-13 hingga abad ke-16.

Pendiri Kerajaan Samudera Pasai adalah Sultan Malik Al-Saleh tau Marah Silu. Kerajaan ini berjaya dan berkembang pesat.

Tak hanya itu Samudra Pasai juga berhasil menjadi pusat perdagangan dunia, karena letaknya yang sangat strategis berada di dekat Selat Malaka, atau lebih tepatnya di Kota Lhokseumawe, Aceh.

Raja yang berhasil membawa Kerajaan Samudera Pasai mencapai puncak kejayaan adalah Sultan Mahmud Malik Az Zahir, yang berkuasa sekitar tahun 1326 hingga 1345 M. 

Kejayaan Kerajaan Samudera Pasai dapat terlihat dari aktivitas perdagangan yang maju dan ramai. Selain itu, mereka juga sudah menggunakan koin emas sebagai alat pembayaran, serta menjadi pusat perkembangan agama Islam di Sumatera.

Setelah tiga abad berkuasa, Kerajaan Samudera Pasai runtuh pada abad ke-16. Salah satu penyebabnya ketika Kerajaan Samudera Pasai di bawah pemerintahan Sultan Zain Al-Abidin, Kerajaan Samudera Pasai ditaklukkan oleh Portugis pada tahun 1521.

Kondisi seperti ini kemudian dimanfaatkan oleh Sultan Ali Mughayat Syah, raja Kerajaan Aceh Darussalam untuk mengambil alih Kerajaan Samudera Pasai. Meski sudah runtuh, kejayaan Samudra Pasai masih tersisa lewat peninggalan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut