get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut Deretan Peninggalan Kerajaan Islam Pertama di Indonesia, dari Harta Benda hingga Makam Ratu

Senin, 26 September 2022 | 13:53 WIB
header img
Peninggalan Kerajaan Samudera pasai, Lonceng Cakra donya. (Antara)

Berikut beberapa peninggalan Kerajaan Samudera Pasai:

1. Makam Sultanah Nahrasiyah
Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai berikutnya yaitu Makam Sultanah Nahrasiyah yang terletak di Desa Meunasah Kuta Krueng, Kecamatan Samudera. Pada batu nisan ratu pertama Kerajaan Samudera Pasai ini, terdapat kaligrafi yang berisi kutipan Surat Yasin dan Ayat Kursi.

Nisan Sultanah Nahrasiyah yang sangat megah didatangkan langsung dari Kamboja. Selain makam Sultan Malik Al-Saleh dan Sultanah Nahrasiyah, Kerajaan Samudera Pasai juga meninggalkan beberapa makam raja lainnya. Seperti contohnya Makam Sultan Muhammad Malik Al Zahir dan makam putranya, Sultan Mahmud Malik Az Zahir.

2. Makam Sultan Malik Al-Saleh
Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai yang pertama yaitu Makam Sultan Malik Al-Saleh. Dia merupakan pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Samudera Pasai. Kerajaan Samudera Pasai meninggalkan jejak berupa beberapa makam dengan batu nisan yang indah bentuknya.

Makam dengan angka tahun 1297 M ini diklaim sebagai batu nisan tertua yang ditemukan. Batu nisan pada makam Sultan Malik Al-Saleh menunjukkan bukti adanya pengaruh Islam dari Gujarat di Samudera Pasai.

3. Dirham Pasai
Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai berikutnya yaitu Dirham Pasai. Ketika masa kejayaannya, Samudera Pasai merupakan pusat perniagaan penting di kawasan itu, dikunjungi oleh para saudagar dari berbagai negeri, seperti Cina, India, Siam, Arab dan Persia. Komoditas utama saat itu adalah lada.

Sebagai bandar perdagangan yang besar, Samudera Pasai mengeluarkan mata uang emas yang disebut dirham. Uang ini digunakan secara resmi di kerajaan tersebut. Di samping sebagai pusat perdagangan, Samudera Pasai juga merupakan pusat perkembangan agama Islam.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut