Melihat Program Pelayanan Puskesmas Karawang Kota

Iqbal Maulana Bahtiar
Melihat Program Pelayanan Puskesmas Karawang Kota. Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar.

KARAWANG, iNewskarawang.id - Menilik program Pelayanan PrEP (Pre-Exposure Prophylaxis) di Puskesmas Karawang Kota. Program tersebut baru dimulai pada Agustus lalu, dan baru beberapa Puskesmas yang menyediakan layanan ini termasuk Puskesmas Karawang Kota.

Kepala Puskesmas Karawang Kota, Asep Saeful Bahri melalui Dokter Fungsional Puskesmas Karawang Kota, Dr. Wahyudin menjelaskan bahwa pelayanan PrEP merupakan strategi pencegahan HIV yang penting bagi kelompok berisiko.

“Awalnya, layanan ini hanya menyasar Wanita Pekerja Seks (WPS), namun kini kami memperluas cakupan kepada semua kalangan,” ungkap Wahyudin saat ditemui di Puskesmas, Rabu,(23/10/2024).

Lanjutnya, Untuk mendukung penjaringan suspek, Puskesmas Karawang Kota bekerja sama dengan berbagai komunitas, termasuk Yayasan Kita-kita.

"Dalam implementasinya, pasien yang terdiagnosis HIV langsung diberikan obat ARV, sedangkan mereka yang HIV-negatif diberikan obat anti-HIV yang lebih ringan, untuk digunakan sebelum terpapar. Obat ini dapat diminum setiap hari atau sesuai kebutuhan saat akan berisiko tinggi,” jelasnya.

Ia juga menyebut, Puskesmas Karawang Kota sendiri menargetkan minimal 20 orang dalam program ini, dengan harapan angka tersebut akan meningkat seiring kebutuhan. Tambahnya, Pentingnya privasi dan pengelolaan yang terpisah juga ditekankan dalam layanan ini. 

"Pelayanan tersedia dari Senin hingga Rabu, dengan fleksibilitas untuk membuka layanan tambahan jika diperlukan," ujarnya

Dengan adanya program ini, pihaknya berharap dapat mengurangi penularan HIV dan mendekati visi Karawang Zero Case HIV.

“Kami berharap layanan ini dapat meminimalkan penularan, terutama di kalangan keluarga yang merupakan kelompok paling rentan,” tuturnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network