Lomba Inovasi Olahan Serba Ikan Jadi Cara Bupati Aep Tingkatkan Angka Gemar Makan Ikan

Iqbal Maulana Bahtiar
Lomba Inovasi Olahan Serba Ikan Jadi Cara Bupati Aep Tingkatkan Angka Gemar Makan Ikan (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Perikanan menggelar Lomba Inovasi Olahan Serba Ikan Tingkat Kabupaten di Aula Husni Hamid, Selasa,(6/8/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Karawang Aep Syaepuloh beserta jajaran Forkompinda, Plt. Kepala Dinas Perikanan, Udin, Ketua TP PKK Karawang, Vida Syaepuloh serta diikuti oleh Puluhan PKK dari 30 Kecamatan di Kabupaten Karawang.

Dalam sambutannya, Bupati Karawang Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa kegiatan inovasi olahan ini merupakan suatu terobosan yang bagus untuk meningkatkan angka Gemar Makan Ikan di Karawang . Mengingat, angka Gemar Makan Ikan di Karawang ini masih terbilang rendah.

"Jadi, dari kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan berbagai menu makanan olahan ikan yang dapat meningkatkan angka gemar makan ikan di Karawang. Sebab, ikan sendiri merupakan salah satu menu makanan yang baik untuk dikonsumsi serta dapat menjadi salah satu opsi menu makanan tambahan dalam upaya menekan angka stunting di Karawang," Ungkap Bupati Aep, Selasa,(6/8/2024).

Selain itu, kata Aep, di Karawang sendiri potensi perikanannya cukup baik. Mulai dari hasil tambak, hasil tangkap, tambak garam hingga hasil olahan hasil perikanannya.

Oleh karena itu, potensi tersebut harus dikembangkan dengan berkolaborasi dengan instansi lain.

"Ini sudah bagus berkolaborasi dengan PKK, dan diharapkan juga bukan hanya PKK, semua instansi terkait dapat bersinergi dan dapat menggaungkan gemar makan ikan kepada masyarakat," Tuturnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perikanan Karawang, Udin mengatakan kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari PKK di 30 Kecamatan di Karawang.

Dimana kali ini, para ibu-ibu PKK menyajikan ratusan menu olahan serba ikan yang nantinya akan dinilai langsung oleh 4 Juri profesional yang berasal yang terdiri dari Ketua TP. PKK Karawang Vida syaepuloh, Kabid Dsp Diskan, Ahli gizi Dinkes dan Chef arip dari Resinda Hotel.

"Setelah mendapat pemenang, mereka akan diikut sertakan dalam perlombaan di tingkat Provinsi mewakili Kabupaten Karawang," Jelasnya.

Udin juga memaparkan ada sejumlah hadiah yang akan diberikan bagi pemenang dalam perlombaan ialah sertifikat dan uang kadedeuh.

"Ya sebagai mana yang dikatakan Bupati tadi, kegiatan ini memang difokuskan untuk memberikan pilihan bagi orangtua diluar sana yang memang sulit menentukan menu olahan ikan bagi anaknya," Kata Udin.

"Bukan hanya sekedar seremonial, sebagaimana arahan Bupati kita juga bakal menggaet lebih banyak instansi untuk menyuarakan gemar makan ikan demin meningkatkan angka gemar makan ikan serta menurunkan angka stunting di Karawang," Ujarnya.

Kemudian, Kepala Bidang DSP Dinas Perikanan Karawang, Ema Hendaryani menyampaikan bahwa saat ini juga Dinas Perikanan melalui bidang DSP memiliki ratusan produk pengolahan ikan.

"produknya ada ratusan jenis yang berbahan baku serba dari ikan yang dijual di galeri olahan perikan di ruko dekat stasiun Karawang," Tandasnya.

Dari pantauan pewarta, hasil penilaian keempat juri tersebut PKK Kutawaluya berhasil meraih juara pertama dan berhasil membawa pulang uang tunai sebesar Rp.5.100.000, disusul dengan PKK Kecamatan Rawamerta diposisi kedua Rp. 4.080.000 dan juara ketiga PKK Kecamatan Telukjambe Timur Rp. 3.060.000.

Dengan hasil tersebut, PKK Kecamatan Kutawaluya bakal mewakili Kabupaten Karawang dalam perlombaan inovasi olahan serba ikan tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan pada September mendatang.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network