get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Jenis Gandum yang Bermanfaat bagi Kesehatan Tubuh

Yuk Ketahui Manfaat Tanaman Obat Bagi Penderita Asam Urat

Selasa, 07 Juni 2022 | 11:59 WIB
header img
Jahe salah satu tanaman obat yang bisa meringankan sakit asam urat. (Foto: Shutterstock)

Artikel ini akan membahas mengenai asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang menimbulkan nyeri hebat, rasa panas di area persendian, serta perbengkakan. Pada sendi yang sering terkena asam urat terdapat di lutut, pergelangan kaki, serta jari tangan dan kaki. Penelitian menunjukkan bahwa penyakit asam urat lebih sering menyerang laki-laki, khususnya yang berusia di atas 30 tahun.

Tentunya penyakit asam urat bisa dicegah. Salah satunya dengan cara mengonsumsi obat herbal berbahan dasar tumbuhan. Berikut ini tanaman-tanaman obat yang bisa meringankan sakit asam urat, sebagaimana telah Litbang MNC Portal himpun.

1. Sambiloto

Sambiloto merupakan tumbuhan dengan beragam kandungan baik seperti keton, alkane, aldehid, flavanoid, kalium, kalsium, dan natrium. Sambiloto juga merupakan tanaman bersifat antinyeri, antiradang, dan bisa menjadi penawar racun sehingga dapat meredakan asam urat.

Pengolahannya sangat mudah. Sambiloto cukup direbus bersama sejumlah bahan tumbuhan lain. Air rebusannya diminum tiga kali sehari masing-masing satu gelas. Air rebusan dapat diminum satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

2. Habbatussauda

Habbatussauda sudah dikenal sebagai bahan herbal yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tanaman dengan nama lain jintan hitam ini bahkan tercatat sudah digunakan oleh bangsa Timur Tengah selama lebih dari 2.000 tahun untuk beragam pengobatan. Dikarenakan memiliki sifat antiradang, habbatussauda dianggap dapat meringankan asam urat di dalam tubuh.

Biasanya habbatussauda sudah dijual di pasaran dalam bentuk kapsul. Kapsul habbatussauda dapat langsung diminum sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut