get app
inews
Aa Read Next : Asam Urat Kambuh? 10 Makanan yang Perlu Dihindari

Disebut Sebut 5 Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Kambuh, Tinggi Purin !

Rabu, 09 Agustus 2023 | 11:58 WIB
header img
Beberapa makanan dan minuman bisa menyebabkan asam urat kambuh karena mengandung tinggi purin. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan ini memicu serangan. Foto/Getty Images

JAKARTA, iNewskarawang.id - Perlu diketahui asam urat merupakan bentuk radang sendi yang dapat menyerang siapa saja dan ditandai dengan rasa sakit yang tiba-tiba. Beruntungnya, kondisi ini bisa dicegah dengan menghindari makanan tertentu.

Sebut saja beberapa makanan dan minuman bisa menyebabkan asam urat kambuh karena mengandung tinggi purin. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan ini memicu serangan yang terasa menyakitkan.

Mengonsumsi makanan yang kaya daging merah dan kerang serta minum minuman yang dimaniskan dengan fruktosa bisa meningkatkan kadar asam urat . Konsumsi alkohol, terutama bir, juga meningkatkan risiko asam urat.

Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Kambuh

Berikut makanan penyebab asam urat kambuh yang sebaiknya dihindari dilansir dari Health Line, Selasa (8/8/2023).

1. Alkohol

Bir merupakan salah satu minuman yang mengandung purin. Ragi pembuat bir memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Studi telah menunjukkan bahwa minum bir selama terjadinya gejala asam urat dapat meningkatkan berulangnya nyeri yang intensif.

Selain itu, mengonsumsi bir terlalu banyak yakni lebih dari dua gelas per hari juga dapat meningkatkan risiko serangan asam urat.

2. Sayuran

Beberapa sayuran kaya akan purin seperti asparagus, kembang kol, dan bayam. Namun, belum ada penelitian yang menunjukkan sayuran dengan kadar purin tinggi berkaitan dengan kadar asam urat atau meningkatkan serangan asam urat.

3. Gula

Gula rendah purin. Namun, diet tinggi gula rafinasi dapat memperburuk gejala asam urat. Hindari soda dan produk lain yang dimaniskan dengan sirup jagung fruktosa, karena dapat meningkatkan risiko asam urat.

Sebagai gantinya, pilih makanan atau minuman manis yang lebih menyehatkan seperti buah-buahan segar.

4. Seafood

Ikan dan makanan laut lainnya juga merupakan sumber purin yang umum. Seafood seperti kerang, tuna, ikan kod, ikan salmon, kakap, tiram, lobster, kepiting, dan udang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit karena mengandung purin yang tinggi.

5. Daging

Jeroan termasuk hati, ginjal, otak, lidah, dan babat, memiliki kadar purin yang sangat tinggi. Semua bagian jeroan harus benar-benar dihindari. Jika ingin menyantapnya, batas konsumsi harian sebesar 4ons saja.

Selain jeroan, beberapa makanan seperti ayam, bebek, domba, daging sapi muda juga mengandung purin tinggi.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut