get app
inews
Aa Read Next : Disebut Sebut 5 Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Kambuh, Tinggi Purin !

Asam Urat Kambuh? 10 Makanan yang Perlu Dihindari

Jum'at, 14 Juli 2023 | 13:01 WIB
header img
Makanan penyebab asam urat biasanya tinggi purin yang sebaiknya dihindari. Makanan ini bisa menyebabkan nyeri sendi kambuh atau gejala yang sangat menyakitkan. Foto/Getty Images

JAKARTA, iNewskarawang.id - Perlu diketahui Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan. Kondisi ini terjadi ketika kadar asam urat yang tinggi dalam darah menyebabkan kristal terbentuk dan menumpuk di dalam dan di sekitar sendi. Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah bahan kimia yang disebut purin. Purin terjadi secara alami di tubuh, tetapi juga ditemukan dalam makanan tertentu. Asam urat dihilangkan dari tubuh dalam urine.

Terlebih makanan penyebab asam urat biasanya tinggi purin yang sebaiknya dihindari. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan ini bisa menyebabkan nyeri sendi kambuh atau gejala yang sangat menyakitkan. 

Makanan Penyebab Asam Urat yang Tinggi Purin

Berikut makanan penyebab asam urat seperti dilansir dari Mayo Clinic, Rabu (12/7/2023).

1. Jeroan

Hindari jeroan seperti hati, ginjal, usus, babat, paru hingga jantung, yang memiliki kadar purin tinggi dan berkontribusi pada kadar asam urat dalam darah yang tinggi.

2. Daging Merah

Batasi ukuran porsi daging sapi, domba, dan babi.

3. Makanan Laut

Beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, kerang, sarden, dan tuna mengandung tinggi purin dibandingkan jenis lainnya. Tetapi manfaat kesehatan keseluruhan dari makan ikan lebih besar daripada risiko bagi orang-orang dengan asam urat. Porsi ikan yang moderat dapat menjadi bagian dari diet asam urat. 

4. Sayuran

Penelitian telah menunjukkan bahwa sayuran tinggi purin, seperti asparagus dan bayam, meningkatkan risiko serangan asam urat atau asam urat berulang.

5. Alkohol

Bir dan minuman keras suling dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat dan serangan berulang. Konsumsi anggur secara moderat tampaknya tidak meningkatkan risiko serangan asam urat. Hindari alkohol selama serangan asam urat, dan batasi alkohol, terutama bir, saat serangan terjadi.

6. Makanan dan Minuman Manis

Batasi atau hindari makanan manis seperti sereal manis, roti, dan permen. Batasi konsumsi jus buah manis alami.

7. Sirup Jagung Fruktosa

Ini adalah bentuk fruktosa terkonsentrasi. Jika melihat label, Anda akan menemukan sirup jagung fruktosa tinggi di semua jenis produk makanan kemasan yang tidak Anda duga.

8. Angsa

Makanan khas seperti angsa, daging sapi muda, dan daging rusa adalah salah satu alasan mengapa asam urat dikenal pada abad pertengahan sebagai penyakit orang kaya. 

9. Kalkun

Daging tanpa lemak ini tetap tinggi purin. Terutama hindari olahan kalkun panggang.

10. Ragi

Ragi bir dan ragi roti adalah penyebab asam urat tinggi. Jadi hindari bir dan roti untuk menghindari serangan.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut