get app
inews
Aa Read Next : Simak 5 Tips Menambah Tinggi Badan, Salah Satunya dengan Bersepeda

Bagi Pengidap Hepatitis Sebaiknya Hindari Makanan Ini

Jum'at, 20 Mei 2022 | 20:11 WIB
header img
8 Makanan yang harus dihindari pengidap hepatitis (Foto: Thehealthsite)

Artikel ini akan membahas mengenai makanan yang harus dihindari oleh pingidap hepatitis. Para penderita hepatitis bukan hanya mengkonsumsi obat-obatan saja, tetapi penderita hepatitis harus menjaga asupan makanan yang tepat untuk membantu pemulihannya.

dr Manish Jambavalikar, Konsultan Senior, Gastroenterologi Medis, Rumah Sakit Apollo, memberi informasi untuk pemulihan dari infeksi hepatitis membutuhkan nutrisi tinggi dan diet yang seimbang. Diet ini harus memiliki kaya protein dan kalori, lantaran tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk menumbuhkan jaringan yang rusak akibat penyakit ini.

Berikut 8 makanan yang harus dihindari pengidap hepatitis dirangkum dari Thehealthsite, Rabu (18/5/2022).

1. Daging merah

Makanan kaya lemak jenuh dan trans, seperti daging merah, produk panggang, produk susu murni full fat semisal keju, mentega dan krim, makanan gorengan dan makanan cepat saji, alkohol harus benar-benar dihindari. Karena, jenis makanan tersebut dapat membebani organ liver, sehingga mengganggu proses pemulihan Anda dari penyakit hepatitis.

2. Obat OTC

Dr Jambavalikar mengatakan, seseorang harus benar-benar menghindari minum obat sembarangan tanpa resep dokter. Anda juga harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin.

3. Makanan olahan

Makanan olahan paling baik dihindari saat pemulihan dari hepatitis. Karena, penyakit menjadi lebih sulit diobati dan makanan olahan juga tidak mengandung nutrisi. Olahan roti, keju, dan hampir semua makanan cepat saji juga sebaiknya dihindari selama menderita hepatitis, karena dapat menghambat proses pemulihan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut