get app
inews
Aa Read Next : Tragis! Setiap 10 Menit 1 Anak Tewas, Gaza Mendadak Jadi Kuburan Massal

Begini Tips Cegah Infeksi Virus Pada Anak

Rabu, 01 Juni 2022 | 17:22 WIB
header img
Anak wajib jaga kebersihan dengan cuci tangan (Foto: Dreamstime)

Saat ini dunia dihebohkan dengan penyakit misterius, yakni Hepatitis Akut yang menyerang anak-anak. Para orangtua khawatir dan merasa resah dengan adanya penyakit ini. Agar anak tetap aktif bergerak dan terhindar dari infeksi virus, dokter anak memberikan tips berikut ini.

Penularan Hepatitis akut pada anak ini, diduga menginfeksi melalui saluran pencernaan dan pernafasan. Infeksi sangat umum terjadi pada anak kecil, karena sering melakukan kontak dekat dengan anak lain, dan penyakit menular dapat menyebar dari orang ke orang. 

"Jangan panik. Apapun infeksinya yang penting selalu melakukan pencegahannya,” kata dr Nina Dwi Putri, SpA(K) dari Unit Kerja Koordinasi Infeksi Tropik Ika notan Dokter Anak Indonesia (IDAI). 

Berikut 4 tips anjuran bagi orangtua untuk mencegah dan mengendalikan infeksi pada anak dari virus, antara lain: 

1. Melakukan vaksinasi/imunisasi 

Imunisasi merupakan cara paling efektif melindungi anak-anak dari berbagai infeksi tertentu pada masa pertumbuhan. Selain itu, juga melindungi anak-anak terlalu muda untuk divaksinasi dan memiliki kondisi medis yang menghalangi untuk divaksinasi. 

Lalu, imunisasi juga menghentikan penyebaran infeksi di masyarakat dengan memberikan kekebalan kelompok. 

2. Pergi ke Rumah Sakit 

Ketika anak kurang sehat, baik batuk pilek, diare, demam, belekan, ruam-ruam, dan lain. Walaupun ringan, hendaknya tinggal di rumah, kecuali perlu berobat ke dokter. Hal ini membantu mencegah penularan penyakit. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut