get app
inews
Aa Read Next : 80 dari 100 Ribu Anak Kena Pneumonia, Ini Data Terbaru Diungkap Peneliti Eropa

Ringankan Gejala Hepatitis. Berikut Ini Obat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Jum'at, 20 Mei 2022 | 20:20 WIB
header img
5 Obat Hepatitis Alami (Foto: Healthline)

Artikel ini akan membahas mengenai obat hepatitis yang terbuat dari bahan alami. WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia saat ini memberi informasi Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit hepatitis misterius akut.

Pada informasi yang didapat, penyakit misterius akut ini menyerang anak-anak yang berusia satu hingga enam belas bulan. Di Indonesia sudah banyak ditemukan dan sudah merenggut 7 nyawa anak yang diduga akibat hepatitis misterius.

Munculnya KLB membuat banyak orang bertanya-tanya, adakah obat hepatitis alami?

Hepatitis merupakan kondisi peradangan di organ hati yang disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi virus, kebiasaan mengonsumsi alkohol, penggunaan obat-obatan tertentu, penyakit autoimun, dan infeksi cacing hati. Jika disebabkan oleh infeksi virus, hepatitis bisa menular ke orang lain.

Melansir Sehatnegeriku.kemkes.go.id, Selasa (17/5/2022), Prof. Hanifah yang merupakan dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FKUI menyebutkan, gejala umum dari penyakit hepatitis akut ini di antaranya mual, muntah, sakit perut, diare, dan terkadang disertai demam ringan.

Gejala dapat berlanjut dengan air kencing berwarna pekat seperti teh, BAB putih pucat, kulit & mata kuning, bahkan sampai penurunan kesadaran.. Jika tidak ditangani dengan baik, hepatitis dapat menimbulkan komplikasi, seperti gagal hati, sirosis, atau kanker hati (hepatocellular carcinoma).

Setiap jenis hepatitis memiliki gejala yang berbeda, sehingga pengobatan yang diberikan pun turut berbeda, sesuai dengan jenis penyakit dan kondisi pasien tersebut. Umumnya, dokter akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat keparahan kerusakan hati, kondisi kesehatan pasien, hingga jumlah virus yang menginfeksi.

Selain menggunakan obat yang diresepkan dokter, ternyata ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa membantu pengobatan penyakit ini. Apa saja? Dihimpun dari Hello Sehat, simak selengkapnya berikut ini.

1. Milk Thistle

Milk thistle sudah dikenal sebagai obat alami yang ampuh untuk mengobati hepatitis. Ekstrak tanaman ini telah banyak digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan organ hati, saluran empedu, dan kantung empedu. Sebuah penelitian yang terbit pada jurnal Cellular Microbiology menyebutkan, milk thistle dapat menghambat virus hepatitis yang masuk ke sel hati.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut