get app
inews
Aa Read Next : Begini Tips Cegah Infeksi Virus Pada Anak

Cara Bersihkan Sayur dan Buah Agar Terhindar Dari Hepatitis

Jum'at, 13 Mei 2022 | 13:12 WIB
header img
Mencuci Buah dan Sayuran. (Foto: Highend)

Saat ini sedang dihebohkan penyakit misterius, penyakit ini dinamakan penyakit hepatitis misterius yang dapat menyerang anak-anak, maka dari itu orang tua harus ekstra menjaga anak dan mengajari anak membersihkan tangan dengan sabun atau pembersih yang memiliki kandungan alkohol. Bukan hanya tangan yang harus diperhatikan, asupan makanan seperti daging, sayur dan buah juga perlu dicuci bersih sebelum di konsumsi.

dr Nina Dwi Putri, SpA(K) dari Unit Kerja Koordinasi Infeksi Tropik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan informasi mengenai tips membersihkan sayuran. Pada sayur, buah dan daging harus dibersihkan secara terpisah karena dalam daging mentah akan menyebabkan kontaminasi pada sayuran dan buah.

Cuci buah terlebih dahulu, sayur lalu daging. Sehabis mencuci atau mengolah daging, alat masak dan area masak harus dibersihkan dengan sabun dan jika mungkin dengan air panas.

"Masak bahan makanan sampai matang, termasuk telur agar menghindari dari infeksi bakteri, pastikan meminum air minum yang bersih dan matang," ujar Nina seperti dilansir dari Antara. 

Menurutnya, ada yang bisa disimpan di kulkas atau bekukan daging, unggas, telur, seafood atau boga bahari, dan makanan mudah busuk lainnya dalam waktu dua jam setelah dimasak atau dibeli. 

Jangan menyimpan makanan kering maupun basah di dalam kamar tidur. Makanan menarik serangga yang dapat menularkan penyakit. Jika menyimpan sisa minuman dalam gelas, tutup bagian atas gelas.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut