get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

UMKM Karawang Ikuti Festival Kuliner, Dapat Hadiah dan Bantuan Modal dari JKW

Senin, 28 Februari 2022 | 13:35 WIB
header img
Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana saat menghadiri Festival Kuliner UMKM Kabupaten Karawang yang diprakarsai PT. Jasa Kawan Indonesia dan Lembaga Swadaya Masyarakat. (Foto: iNews Karawang/ist)

Karawang, iNews.id - Sebanyak 32 peserta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Karawang mengikuti festival kuliner yang diprakarsai PT. Jasa Kawan Indonesia dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM Lodaya di Pasar Bersih Desa Sukaharja Telukjambe Timur, Sabtu (26/02/2022).

Menurut Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, pihaknya memiliki komitmen ingin memajukan para pelaku UMKM, khususnya di bidang kuliner.

"Karawang kaya akan kuliner khas, karena itu Pemkab Karawang akan mendorong dan mendukung segala bentuk kegiatan promosi maupun festival yang berhubungan dengan kuliner dan UMKM,"ungkapnya saat menghadiri festival kuliner.

Disampaikan Cellica, pihak pemkab akan mensupport dan memberi semangat, motivasi, serta permodalan dalam bentuk barang bagi para pelaku UMKM Karawang.

Ia juga akan memberikan pendampingan dan pelayanan gratis bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan Perijinan Industri  Rumah Tangga (PIRT), sertifikasi halal dari MUI dan lainnya.

Cellica berharap, dari festival ini muncul para pengusaha bidang kuliner terbaik dan dapat bermitra dengan PT.Jasa Kawan Indonesia untuk kemajuan usahanya, sehingga produk produk kuliner khas Karawang bisa dijadikan oleh oleh sekaligus dapat mengangkat identitas Pemerintah Kabupaten Karawang dibidang kuliner.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Festival UMKM JKW, Nace Permana mengatakan festival kuliner ini digelar untuk memberdayakan UMKM di Karawang. Terutama di situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Diakui Nace, banyak potensi produk UMKM Karawang yang bisa digali menjadi ke khasan Karawang, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan karena kurangnya promosi.

Kata Nace, pihak panitia menyiapkan hadiah bagi para pemenang. Juara pertama mendapat hadiah Rp 10 juta, kedua Rp 5 juta, dan ketiga Rp 3 juta. Kriterianya di antaranya bahan baku dari Karawang, higienis, rasa yang mumpuni, dan kemasannya layak untuk dijual.

Selain hadiah, UMKM yang dinilainya layak untuk dikembangkan akan diberi bantuan permodalan berupa pinjaman tanpa bunga  melalui Jasa Kawan Finance.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut