get app
inews
Aa Read Next : Janji Dindin Rachmadhy Usai Dilantik Jadi Kepala Dinas Koperasi dan UKM

Seribu Siswa Dapat Pelatihan Marketing dan Interpreneurship dari Dinkop UKM Karawang

Selasa, 19 Maret 2024 | 19:18 WIB
header img
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Karawang, Rohman (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dengan konsep penanaman jiwa entrepreneur pada Gen Z, Dinas Koperasi dan UKM Karawang bakal berikan pelatihan digital marketing dan entrepreneurship kepada 1.000 siswa di Karawang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Karawang, Rohman saat ditemui di Kantor Dinkop UKM Karawang, Selasa,(19/3/2024).

Dikatakan Rohman, rencananya program pelatihan bagi siswa sekolah ini akan menyasar kepada anak SMK dan SMA kelas 12 di Karawang yang ingin mengembangkan kemampuan wirausaha setelah lulus nanti.

"Jadi, bukan hanya SMK saja, kita juga rencananya akan menyasar siswa kelas 12 di SMA karena disana juga setelah kita lihat ada mata pelajaran kewirausahaan," Ungkap Rohmat, Selasa,(19/3/2024).

Untuk waktu dimulainya pelatihan itu sendiri, kata Rohman, saat ini pihaknya masih meracik susunan materi dan narasumber dalam pelatihan. Sebab, Sambungnya, narasumber dan isi pokok materi dalam pelatihan ini menjadi kunci penentu siswa akan berkembang atau tidak.

Dan rencananya, pelatihan akan dimulai sekitar pertengahan tahun 2024 ini. "Kita enggak mau asal-asalan, kita racik semua materi dan narasumber yang relevan, yang tepat untuk dipaparkan nanti. Dan insyaallah, dipertengahan tahun ini akan kita laksanakan," Katanya.

Kemudian, setelah mengikuti pelatihan ini para gen z ini akan mendapatkan lisensi atau sertifikat yang nantinya bisa digunakan untuk mengajukan permohonan bantuan jika ingin membuka usaha atau menjadi entrepreneurship.

"Bukan hanya pelatihan, bagi siswa yang lulus pelatihan pun akan kita berikan bantuan alat jika mereka (siswa) ingin membuka usaha dengan mengajukan kita menggunakan lisensi atau sertifikat yang diperoleh mereka setelah pelatihan," Jelasnya.

Ia juga berharap dengan pelatihan ini bisa menimbulkan rasa keinginan Gen Z atau para siswa untuk berusaha atau menjadi entrepreneur.

"Jadi diharapkan mereka (Gen Z) bisa membuka usaha mereka sendiri dan terus mengandalkan bekerja di perusahaan saja. Dan itu diharapkan bisa menambah lapangan pekerjaan di Karawang," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut