get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Ratusan Pelaku UMKM Karawang Ikuti Pelatihan UMKM Naik Kelas

Senin, 27 Mei 2024 | 14:59 WIB
header img
Ratusan Pelaku UMKM Karawang Ikuti Pelatihan UMKM Naik Kelas (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Diikuti 120 peserta dari beragam pelaku UMKM di Karawang, Program pelatihan UMKM Naik Kelas Karawang 2024 resmi dimulai.

Pembukaan pelatihan bagi pelaku UMKM tersebut ditandai dengan gelaran Opening ceremony UMKM Naik Kelas Karawang 2024 yang digelar di Aula Husni Hamid Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karawang, Senin,(27/5/2024).

Koordinator Daerah (Korda) UMKM Karawang, Aep Saefulloh Mulya menjelaskan bahwa kegiatan tersebut masih sama dengan program  UMKM Juara. Namun khusus tahun ini ada perubahan, menjadi UMKM Naik Kelas. 

Dan untuk di Kabupaten Karawang sendiri, Kata Dia, tahun ini diikuti oleh 120 peserta dari berbagai kalangan usia dan aneka jenis usaha serta produknya.

"Untuk pelatihan tahun ini dilakukan selama 8 bulan secara offline dari bulan April hingga November 2024. Dan dari 128 peserta yang mendaftar hanya 120 peserta yang masuk kurasi untuk mengikuti pelatihan UMKM Naik Kelas tahun ini," Ungkap Aep, Senin,(27/5/2024).

Lanjutnya, sebelum dimulai pihaknya melakukan kurasi terlebih dahulu kepada para pelaku umkm di Karawang. Sebab, tidak semua pelaku umkm siap untuk naik kelas karena masih belum memenuhi syaratnya.

"indikator UMKM yang siap naik kelas ialah, UMKM digital, UMKM yang terhubung dengan pembiayaan, UMKM Ekspor, dan UMKM hijau," Jelasnya.

"Lalu, dari segi kelengkapan administrasi baik dari NIB, halal, dan lain-lainnya pun harus mempuni. Jadi tidak sembarang dan semua ada tahapannya," Imbuhnya.

Aep juga menjelaskan jika setiap pertemuannya nanti, ratusan peserta tersebut diberikan materi pendampingan seputar mindset usaha, legalitas usaha, manajemen usaha, pencatatan keuangan, perhitungan harga pokok penjualan hingga pemasaran.  Mereka ditempa dan dibimbing, agar menjadi pengusaha yang sukses dan berkualitas. 

"Usaha itu bukan soal tentang pasar, pelaku harus punya mindset yang tepat. Karena segala sesuatu ada ilmunya. Jadi, kita netapin ada 4 indikator naik kelas, yaitu mindset, manajemen usaha, inovasi dan teknologi," paparnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop & UKM) Karawang, Dindin Rachmady berharap dari hasil pelatihan UMKM Naik Kelas ini para peserta bisa lebih meningkatkan usahanya dan bisa menjadi percontohan bagi para pelaku usaha pemula.

"Output nya yang jelas kita ingin mereka (pelaku UMKM) yang mengikuti pelatihan ini berkembang. Bukan hanya dari segi omzet, melainkan dari usahanya, baik itu inovasi produk atau sayap usahanya lebih luas, melek digitalisasi juga, itu akan kita tempa nanti di pelatihan," kata Dindin.

"Jadi mereka juga diharapkan siap bersaing di pasar nasional maupun internasional kedepannya," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut