get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Kemensos RI Keluarkan Surat Edaran ke Pemda untuk Menindak Maraknya Fonomena 'Ngemis Online'

Jum'at, 20 Januari 2023 | 19:26 WIB
header img
Mensos Tri Rismaharini (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Untuk menindak maraknya fenomena ngemis online di media sosial Tiktok, Kementerian Sosial (Kemensos) RI, telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada pemerintah daerah.

Edaran Nomor 2 Tahun 2023 tentang Penertiban Kegiatan Eksploitasi dan/atau Kegiatan Mengemis yang Memanfaatkan Lanjut Usia, Anak, Penyandang Disabilitas, dan/atau Kelompok Rentan Lainnya.

Edaran yang diterbitkan tanggal 16 Januari 2023 itu, turut mengimbau para gubernur dan bupati/wali kota untuk mencegah adanya kegiatan mengemis baik yang dilakukan secara offline maupun online di media sosial yang mengeksploitasi kategori tersebut.

"Saya imbauan ke daerah, Itu (ngemis online) memang enggak boleh,"ujar Risma dikutip dalam keterangannya, Jumat (20/1/2023).

Edaran Mensos juga mengatur tindakan yang harus dilakukan jika menemukan kegiatan eksplotasi. Dimana pemerintah daerah dan masyarakat diminta melaporkan aktivitas itu kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Satuan Polisi Pamong Praja.

"Apabila ditemukan kegiatan mengemis dan/atau yang mengeksploitasi para lanjut usia, anak, penyandang disabilitas, dan/atau kelompok rentan lainnya harus melaporkan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau ditindaklanjuti melalui Satuan Polisi Pamong Praja,"bunyi surat edaran itu.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut