get app
inews
Aa
Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Ricuh di Relokasi Pasar Rengasdengklok Masuk Tindak Kriminal

Kamis, 08 Desember 2022 | 15:39 WIB
header img
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri. (Foto: Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri buka-bukaan soal kericuhan relokasi Pasar Rengasdengklok, Rabu (7/12). 

"Sebelumnya, kita (Forkopimda Karawang) sudah melakukan komunikasi dan komitmen bersama para pedagang terkait relokasi pada beberapa waktu lalu di Pasar Proklamasi Rengasdengklok. Namun, kenapa saat Kita sampai di sana, Kita sudah diadang oleh massa gabungan dari pedagang Pasar Rengasdengklok, warga dan yang lainnya yang sudah bersiap di depan Pasar Rengasdengklok," ungkap Acep Jamhuri, Kamis (8/12/2022).

Massa gabungan tersebut melakukan pengadangan dengan melempari petugas gabungan menggunakan batu, perasan, dan pecahan kaca.  

"Sampai ada pihak kepolisian yang mengalami luka di bagian kepala, hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Itu sudah masuknya ranah kriminal dan sudah menjadi ranah penegak hukum. Pihak kepolisian akan mengusut, ditarik benang merahnya, siapa yang memerintah serta siapa yang membiayai mereka (massa gabungan yang menolak relokasi)," lanjutnya.

Usai ricuh, Bupati Karawang bersama jajaran akan mengevaluasi relokasi Pasar Rengasdengklok. Mulai dari masalah harga, sampai masalah internal lainnya. 

"Semua akan dievaluasi, kita sesuaikan harganya, kita akan komunikasi dan menekan pihak PT VIM  untuk melakukan penyesuaian harga di Pasar Proklamasi Rengasdengklok. Intinya Pemda Karawang tidak tinggal diam terkait pergerakan perekonomian di Pasar Rengasdengklok," ujarnya.

Dan untuk persoalan angsuran di Pasar Proklamasi Rengasdengklok, Sekda mengatakan, pihaknya juga akan menyediakan koperasi untuk meringankan para pegadang. 

"Soal cicilan baik itu kredit permodalan yang terlalu mahal, itu bisa diselesaikan, bisa di backup oleh koperasi, mau itu setengah-setengah atau sembari berjalan dibantu oleh koperasi. Karena kan kita juga enggak langsung melakukan pungutan-pungutan, biar mereka juga tertata dulu," tuturnya. 

Lalu, selama evaluasi ini, Ia juga mengatakan bahwa sudah ada para pedagang Pasar Rengasdengklok yang sudah pindah ke Pasar Proklamasi Rengasdengklok Karawang.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut