Simak 7 Jenis Teh Herbal yang Mampu Turunkan Asam Lambung Tinggi

Wulansari Listya , Okezone
.
Kamis, 24 November 2022 | 12:11 WIB
Teh jahe. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Pernahkah Anda mengalami kondisi asam lambung tinggi? Jika pernah, jangan pernah menunda penanganannya ya bestie! Hal ini lantaran penyakit ini akan mengganggu aktivitas sehari-harimu.

Untuk menurunkan asam lambung yang tinggi, kamu dapat mengonsumsi obat dengan kandungan magnesium hidroksida atau dengan cara alami seperti meminum teh herbal. Berdasarkan penelitian, ada banyak macam teh herbal yang diklaim dapat menurun gelaja asam lambung atau bahkan GERD. Tentunya teh herbal yang aman untuk penderita asam lambung bebas dari kandungan kafein seperi teh licorice, teh chamomile, atau teh kunyit.

Tidak hanya itu, berikut ini ada beberapa jenis rekomendasi teh herbal lainnya yang ampuh turunkan asam lambung tinggi, dilansir dari healthcareassociates.com

1. Teh Jahe

Teh jahe dalam dosis kecil sangat bermanfaat untuk penyakit asam lambung. Minuman ini secara alami kaya akan senyawa dan antioksidan yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan dan gejala lainnya.

Senyawa dalam jahe dapat mengurangi kemungkinan asam lambung yang naik ke kerongkongan. Bahan herbal ini dapat meredakan kontraksi lambung dan meredakan iritasi gastrointestinal.

2. Teh Licorice

Minuman herbal lainnya yang bagus untuk menurunkan asam lambung adalah teh licorice. Akar licorice telah digunakan sebagai obat herbal sejak zaman kuno. Studi mengungkapkan manfaat menggunakan teh akar licorice untuk asam lambung dan GERD adalah dapat mengobati beberapa gejala seperti mulas, radang, dan sakit perut.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile biasanya digunakan untuk melawan gejala refluks asam dan GERD. Teh herbal ini dikenal karena sifat anti-inflamasi dan kemampuannya untuk mengurangi gejala pencernaan seperti sakit perut. Mengkonsumsi teh chamomile juga dapat mengurangi stres yang menjadi pemicu utama asam lambung dan gejala GERD.

4. Teh elm

Kulit bagian dalam pohon elm yang licin sudah dikenal untuk tujuan pengobatan. Ketika dicampur dengan air, kulit dalam pohon akan menghasilkan gel yang memiliki sifat pelapisan yang bagus.

Minum teh elm yang licin untuk asam lambung dapat melapisi lapisan dalam saluran pencernaan sehingga bisa menenangkan serta melindungi dari peradangan yang parah. Teh Ini juga dapat merangsang produksi lendir sehingga dapat mengurangi iritasi lambung dan kerongkongan.

5. Teh akar marshmallow

Akar marshmallow adalah ramuan yang telah digunakan untuk mengobati masalah pencernaan selama ribuan tahun. Mengkonsumsi teh akar marshmallow untuk asam lambung dapat meredakan iritasi dan peradangan pada saluran pencernaan dengan membentuk lapisan pelindung jaringan. Teh ini juga dapat merangsang sel-sel yang bertanggung jawab untuk regenerasi jaringan.

6. Teh kunyit

Kunyit adalah bumbu yang telah digunakan dalam pengobatan alternatif sejak zaman kuno. Mengkonsumsi teh kunyit untuk asam lambung dan GERD sangat bermanfaat karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Teh ini sering digunakan sebagai pengobatan untuk masalah pencernaan seperti peradangan, sakit maag, dan mulas. Kandungan curcumin, bahan aktif utama kunyit, dapat melindungi saluran pencernaan dari kerusakan.

7. Teh adas

Teh adas terbuat dari seduhan bunga dan batang ramuan adas. Minuman herbal ini banyak disarankan untuk penderita asam lambung sebab dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti sakit perut dan kelebihan gas. Sifat anti-inflamasinya dapat memelihara pembengkakan di saluran pencernaan. Hal ini membuat teh adas menjadi minuman herbal yang sangat baik untuk asam lambung dan GERD.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 7 Jenis Teh Herbal yang Ampuh Turunkan Asam Lambung Tinggi

Editor : Boby
Bagikan Artikel Ini