get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

9 Deretan Tips Turunkan Asam Lambung, Salah Satunya Jauhi Minuman Berkarbonasi

Selasa, 17 Januari 2023 | 17:13 WIB
header img
9 Deretan Tips Turunkan Asam Lambung. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai tips menurunkan asam lambung. Saat asam lambung naik, tubuh akan merasa mual dan tidak enak badan. Akibatnya, hal tersebut dapat mengganggu kegiatan harian.

Asam lambung naik dapat terjadi lantaran katup yang disebut dengan sfingter esofagus bagian bawah yang merupakan otot yang dapat mengontrol saluran lambung dan kerongkongan yang tidak menutup.

Hal tersebut membuat asam lambung dan makanan mengalir kembali ke kerongkongan, dan hal tersebut yang menyebabkan asam lambung naik atau dengan nama medis gastroesophageal reflux.

Alih-alih langsung menenggak obat, ada banyak cara untuk menurunkan asam lambung secara alami loh.

Melansir Harvard Medical School, simak paparan singkat sembilan cara menurunkan asam lambung tanpa obat,

1. Makan porsi kecil dan pelan-pelan

Saat perut sangat penuh, bisa terjadi lebih banyak refluks ke kerongkongan. Maka dari itu, usahakan makan dalam porsi kecil tapi lebih sering daripada tiga kali makan besar setiap hari.

2. Hindari makanan tertentu

Jauhi beberapa makanan yang berpeluang memicu asam lambung naik, mulai dari mint, makanan berlemak, makanan pedas, tomat, bawang merah, bawang putih, kopi, teh, coklat, dan alkohol.

3. Jauhi minuman berkarbonasi

Mengapa? Karena minuman jenis ini membuat kita jadi bersendawa, yang mengirimkan asam ke kerongkongan. Minumlah air mineral alih-alih soda.

4. Jangan langsung tidur usai makan

Saat kita berdiri, atau bahkan duduk, gravitasi saja sudah bisa membantu menjaga asam tetap berada di perut. Disarankan untuk sudah selesai makan di tiga jam sebelum tidur. Ini berarti tidak boleh tidur siang setelah makan siang, dan tidak boleh makan malam atau ngemil tengah malam ya!

5. Jangan bergerak terlalu cepat

Hindari olahraga berat selama beberapa jam setelah makan. Jalan-jalan setelah makan malam masih boleh dilakukan, tetapi hindari olahraga yang lebih berat, terutama jika melibatkan gerakan membungkuk, yang bisamengirimkan asam kembali ke kerongkongan.

6. Tidur miring

Posisi ketika kepala harus 6 hingga 8 inci lebih tinggi dari kaki, bisa dicapai dengan cara menggunakan penyangga tempat tidur "ekstra tinggi" pada kaki yang menopang kepala tempat tidur. Hindari mencoba membuat ganjalan dengan menumpuk bantal, karena ini sia-sia.

7. Turunkan berat badan

Berat badan naik menyebarkan struktur otot yang menopang sfingter esofagus bagian bawah, mengurangi tekanan yang menahan sfingter agar tetap tertutup. Ini menyebabkan asam lambung dan perut mulas.

8. Stop merokok

Merokok dan nikotin nyatanya bisa membuat sfingter esofagus bagian bawah jadi kendur alias longgar.

9. Cek obat

Beberapa jenis obat, termasuk estrogen pascamenopause, antidepresan trisiklik, dan obat penghilang rasa sakit antiinflamasi, disebutkan bisa mengendurkan sfingter. Begitu juga dengan obat bifosfonat seperti alendronate, ibandronate, atau risedronate yang digunakan untuk meningkatkan kepadatan tulang, bisa mengiritasi kerongkongan.

Maka dari itu cari tahu obat-obatan yang dikonsumsi, agar jika memang mengakibatkan asam lambung naik, penggunaan ke depannya bisa dihindari.

Nah itulah ulasan mengenai tips menurunkan asam lambung. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 9 Cara Menurunkan Asam Lambung, Salah Satunya Hindari Makanan Tertentu!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut