get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Aman Puasa bagi Para Penderita Maag, No 9 Sering Tidak Disadari

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Air Tajin, Begini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Sabtu, 06 Januari 2024 | 22:29 WIB
header img
Cara mengobati asam lambung bisa menggunakan air tajin. Dokter sekaligus ahli herbal dr Zaidul Akbar mengatakan bahwa kondisi ini bisa diatasi dengan mudah. Foto/Istock Photo Tharakorn

JAKARTA,iNewsKarawang.id- Dokter sekaligus ahli herbal dr Zaidul Akbar mengatakan cara mengobati asam lambung bisa menggunakan air tajin atau air beras sebagai alternatif. 

dr Zaidul Akbar menguraikan, masalah pencernaan seperti asam lambung menandakan sistem tubuh sedang bermasalah. Untuk mengatasinya, bisa dengan cara rutin minum air tajin dengan tripang.

dr Zaidul Akbar menyarankan, untuk hasil yang maksimal tentunya mengonsumsi setiap hari. "Permasalahan pencernaan dan asam lambung itu bisa diatasi dengan hal-hal mudah," kata dr Zaidul Akbar dikutip dari kanal YouTube pribadinya, Sabtu (6/1/2024).

"Rutin minum air tajin dengan gamat atau teripang. Itu banyak produknya, ada berbentuk kapsul, ada cair. Nah, itu coba minum setiap hari," sambungnya.

Untuk air tajin, dr Zaidul Akbar menyarankan menggunakan beras bebas residu pestisida yang lebih menyehatkan. Dalam hal ini, bisa menggunakan beras merah atau coklat.

Alternatif lainnya, dr Zaidul Akbar menyarankan menggunakan singkong. Makanan ini disebut bisa digunakan untuk membuat air tajin yang memiliki khasiat sama dengan harga yang lebih murah.

"Air tajinnya kalau bisa saran saya cari air tajin atau beras-beras yang bebas residu pestisida. (Beras) merah boleh, coklat boleh," jelasnya.

"Kalau kata belum ada anggaran, pakai singkong aja. Singkong ini bisa dibikin air tajin juga. Kan beras merah harganya lumayan. Udah pakai singkong aja, murah meriah. Nggak masalah," lanjutnya.

Sementara itu, cara membuat air tajin dari singkong sama prosesnya seperti menggunakan beras. Yakni dengan merebus singkong dengan api kecil hingg menghasilkan air yang kental.

"Sama bikinnya kayak bikin air tajin juga. Jadi singkong itu dipanaskan pakai api kecil sampai dia dapatkan air yang kental. Nah itu diminum tiap hari," ungkapnya.

"Tiga kali lah sehari. Boleh campurkan madu, garam mineral sedikit. Tambarkan sama gamat tadi atau kolagen. Rumput laut juga boleh," pungkasnya.

Air tajin mengandung mineral serta probiotik yang bagus untuk kesehatan usus dan juga sistem pencernaan. Tak hanya itu, zat yang terdapat di dalam air tajin bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam perut serta menyeimbangkan tingkat elektrolit di dalam tubuh. Dengan begitu, air tajin bagus untuk mengatasi asam lambung.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut