Logo Network
Network

5 Deretan Buah yang Cocok Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, Salah Satunya Melon

Kevi Laras
.
Jum'at, 25 November 2022 | 17:59 WIB
5 Deretan Buah yang Cocok Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, Salah Satunya Melon
Buah melon. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Buah-buahan sangat baik dikonsumsi, pasalnya buah-buahan dapat menambah serat, vitamin serta mineral. Namun, terdapat beberapa buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

Konsumsi buah secara sembarangan juga bisa meningkatkan asam lambung. Lantas buah apa saja yang aman buat asam lambung? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Alpukat

Buah dengan daging lembut ini, tergolong buah rendah asam yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Selain itu, buah ini juga cocok untuk menu diet, kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Pir

Buah yang tidak mengandung asam setinggi buah sitrus dan tomat, sehingga bisa mengonsumsi pir untuk asam lambung. Berkat kandungan asam yang rendah ini, buah pir dinilai tidak akan memicu kambuhnya gejala refluks asam lambung.

Pisang

Salah satu buah ternyata aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Sebab dalam buah pisang memiliki sifat alkalin (basa). Selain itu, buah ini juga dinilai membantu menyeimbangkan asam di lambung sehingga gejala asam lambung naik atau GERD dapat dicegah.

Semangka

Buah satu ini dikenal dengan rasa manis dan berkuah banyak. Faktanya semangka tergolong buah banyak dengan pH yang cukup tinggi, yakni sekitar 5–6,7, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung.

Melon

Buah kedua yang juga dikenal rasa manis dan berstektur kenyal yaitu melon. Bagi penderita asam lambung, cukup aman dikonsumsi karena mengandung magnesium untuk meredakan gejala maag.

Ada beragam jenis melon yang aman untuk dikonsumsi penderita refluks asam lambung, di antaranya melon honeydew, cantaloupe (blewah), sampai watermelon (semangka).

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 5 Buah yang Dijamin Aman bagi Penderita Asam Lambung

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini