Simak Tips Atasi Jerawat Berdasarkan Letak dan Penyebabnya

Wiwie Heriyani , MNC Portal
.
Senin, 21 November 2022 | 16:23 WIB
Ilustrasi jerawat. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Permasalahan kulit yang kerapkali muncul pada wajah adalah jerawat. Hal ini membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri saat memiliki jerawat. Jerawat biasanya muncul di bagian dahu, pipi dan hidung.

Namun, tahukan Anda, bahwa kemunculan jerawat di beberapa bagian wajah memiliki kondisi yang berbeda, sehingga penanganannya pun juga berbeda. Lantas, apa saja perbedaan jerawat di setiap bagian wajah? Dan bagaimana penangannya? Berikut ulasannya.

1. Jerawat di bagian T-zone (dahi dan hidung)

Banyak yang mengalami jerawat di bagian-bagian ini. Biasanya, hal ini disebabkan oleh kelebihan minyak dan stres. Bila Anda mengalami kelelahan atau stres, kondisi jerawat bisa saja menjadi lebih parah.

Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk bisa mengendalikan stres dan menjaga kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, sebaikng hindari memegang area wajah dengan tangan kotor ya!

2. Jerawat di sekitar garis rambut

Jerawat juga kerap muncul di area garis rambut, yaitu sekitar pelipis dan dahi. Penyebabnya bisa jadi karena Anda kurang memerhatikan produk sampo atau rambut lainnya yang biasanya digunakan.

Produk perawatan rambut yang kurang cocok saat mengenai kulit atau yang berbahan dasar minyak (misalnya pomade) dapat menyumbat pori-pori dan akhirnya memicu jerawat.

3. Jerawat di bagian pipi

Pipi merupakan bagian wajah yang tidak luput dari masalah jerawat. Sebenarnya jerawat di bagian ini bisa muncul karena banyak hal, misalnya sarung bantal yang tidak bersih, ponsel yang kotor, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, atau bahkan karena keringat yang menumpuk di balik hijab. Pasalnya, bakteri bisa menempel di mana saja, termasuk di tangan, sarung bantal, ponsel, atau kain kerudung.

Untuk mencegahnya, jangan lupa untuk mengganti sarung bantal atau selimut setiap minggu. Jadi, sarung bantal tetap bersih dan tak menyimpan bakteri yang bisa bikin pipi jerawatan.

4. Jerawat di dagu

Kadar hormon yang naik dan turun bisa menyebakan tumbuhnya jerawat di area dagu. Jerawat akibat hormon yang tidak stabil biasanya terjadi akibat kelebihan androgen sehingga kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan dan akhirnya menyumbat pori-pori.

Kondisi ini sering kali dialami oleh kaum wanita menjelang menstruasi atau saat peralihan penggunaan alat kontrasepsi. Diet juga memengaruhi kadar hormon sehingga bisa saja menyebabkan jerawat.

Jika jerawat diakibatkan oleh perubahan hormon, maka sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter untuk mengetahui obat yang tepat bagi jerawat Anda. Sementara bila jerawat di wajah akibat diet, maka sebaiknya segera ubah pola makan Anda saat ini. Hindari makan makanan dengan gula tinggi, makanan olahan, dan makanan berlemak.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Kenali Penyebab dan Cara Atasi Jerawat Berdasarkan Letaknya

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini