Waspada! Begini Akibatnya Saat Miliki Kebiasaan Pencet Jerawat

Martin Bagya Kertiyasa , Okezone
.
Selasa, 06 Desember 2022 | 17:57 WIB
Ilustrasi jerawat. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Masalah kulit wajah yang kerapkali dialami orang adalah jerawat. Jerawat dapat terjadi lantaran adanya penyumbatan didalam pori wajah ataupun faktor genetik.

Apapun penyebabnya, tapi yang pasti jerawat akan semakin parah jika sering dipegang.

Dokter Spesialis Kulit lulusan Universitas Indonesia Dr. Margaretha Indah Maharani, SpKK, FINSDV, FAADV sebaiknya jika sedang berjerawat, tahanlah diri Anda untuk memegang atau memencet jerawat tersebut. Sebab, hal ini dapat membuat jerawat menjadi bengkak.

“Yang bagus itu memilih sabun yang mengandung gentle formula ya. Jadi sabun yang tetap bisa angkat minyak tapi hydrating also,” ujar dokter yang kerap disapa Rani ini seperti dilansir dari Antara.

“Kemudian orang juga suka sering megang kulit. Padahal kan tangan kita kotor. Tapi malah jerawatnya dipegang-pegang, pencet-pencet. Yang tadinya cuma jerawat kecil, besoknya bisa jadi bengkak,” imbuhnya.

Dibandingkan memencet jerawat dengan tangan, Rani mengatakan bahwa sebaiknya cepatlah gunakan acne spot treatment. Produk-produk tersebut umumnya telah diformulasikan untuk mengulangi inflamasi. Sehingga jerawat pun akan cepat mengempis.

“Kalau ada jerawat meradang, mending cepat-cepat pakai acne spot treatment. Itu biasanya diformulakan untuk mengurangi inflamasi. Ada anti-inflamasi, anti-oksidan. Jadi kalau ditotol, dia akan membantu mengurangi jerawat. Cepat kempes jerawatnya,” tutupnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini