get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ternyata Kulit Kering Rentan Berjerawat, Begini Penjelasannya

Rabu, 07 Desember 2022 | 17:47 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - dr. M. Indah Maharani, SpKK seorang dokter spesialis kulit mengungkapkan bahwa jerawat yang muncul di wajah tak hanya disebabkan oleh kulit berminyak saja. Namun, kulit kering atau yang dehidrasi juga dapat menimbulkan jerawat.

"Jadi jangan salah, kulit kering pun bisa berjerawat lho," ujarnya dalam konferensi persnya bersama Snapskin di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (01/11/2022).

Kemudian dokter Indah melanjutkan, bahwa mekanisme timbulnya jerawat dapat disebabkan oleh interaksi dari empat faktor, yaitu peningkatan produksi sebum, akumulasi sel-sel kulit mati, kolonisasi bakteri pada kelenjar sebaceous, inflamasi atau peradangan.

Oleh karena itu, kata dia, merawat kulit berjerawat dengan efektif, sebaiknya memilih produk yang dapat mengatasi produksi sebum berlebih, bebas minyak. Serta mengurangi kadar minyak, agar kotoran tidak mudah menempel pada kulit dan membantu menghidrasi kulit.

Ia menyebut Salicylic Acid, merupakan salah satu kandungan yang efektif dapat merawat kulit dan melawan bakteri yang menimbulkan jerawat. Tak hanya menghentikan pertumbuhan jerawat, tapi juga bisa membantu melembabkan agar kulit tidak lagi kering.

Selain itu, kandungan tersebut juga diklaim efektif mempercepat proses pergantian kulit secara alami sehingga kulit lebih bersih dan tidak mudah berjerawat.

Dokter Indah bilang, akan lebih baik jika kulit yang sedang berjerawat tidak dipencet sembarangan. Hal tersebut akan berakibat pada peradangan, serta bekasnya pun sulit untuk dihilangkan.

"Sadar atau tidak, jerawat sering dipencet. Untuk menghilangkan atau mengempeskannya bisa menggunakan acne spot," terangnya.

Sementara itu, Amway Indonesia Body and Beauty Brand Manager, Ditta Amalia menambahkan, selain Salicylic Acid, kandungan ekstrak teh hijau juga diklaim memiliki kemampuannya melawan bakteri penyebab jerawat.

Kemudian ditambah dengan ekstrak bunga Calendula, yang mengandung antioksidan dapat meningkatkan kelembaban kulit berjerawat.

"Serta kandungan Centella Asiatica, dapat ikut menyempurnakan kinerja skincare dengan menyejukkan dan hidrasi kulit sehingga tetap lembab," terangnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut