Logo Network
Network

Waduh Ternyata 5 Kesalahan Pola Tidur ini Sebabkan Jerawat Lho, Simak Penjelasannya

Pradita Ananda , Okezone
.
Minggu, 15 Januari 2023 | 20:00 WIB
Waduh Ternyata 5 Kesalahan Pola Tidur ini Sebabkan Jerawat Lho, Simak Penjelasannya
Ilustrasi jerawat. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Permasalahan kulit yang seringkali membuat jengkel adalah jerawat. Kebanyakan orang tentu pernah merasakan jerawat dan berusaha untuk mencegah jerawat namun jerawat tetap muncul di beberapa waktu, bahkan seringkali terjadi saat di waktu yang penting.

Permasalahan jerawat ini dapat diakibatkan oleh beberapa faktor dari luar maupun dalam kulit. Diantaranya adalah pola makan yang tidak sehat, penggunaan bahan kimia bahkan stres.

Nah, tahukah Anda ternyata kesalahan dalam pola tidur juga bisa memengaruhi kondisi kulit dan akhirnya bisa menyebabkan jerawat. Apa saja kesalahan dalam pola tidur tersebut? Melansir Times of India, Selasa (10/1/2023) berikut ulasannya, seperti dijelaskan Dermatologis dari Tender Skin International, Dr. Sonia Tekchandani.

1. Tidak mengganti sarung bantal: Mencuci dan mengganti sarung bantal secara teratur dengan yang bersih juga sangat penting loh! Sarung bantal adalah sumber kotoran dan kotoran karena punya lapisan penumpukan.

Saat tidur, kita meletakkan wajah di atas sarung bantal, dan bakteri yang ada di sarung bisa berpindah ke kulit dan menyebabkan jerawat. Pastikan untuk mengganti sarung bantal, setidaknya seminggu sekali untuk mencegah jerawat.

2. Tidur masih pakai makeup: Lelah dan malas jadi penyebab utama masih banyak orang yang suka langsung tidur, meski masih pakai makeup. Tidur dengan riasan wajah bisa sangat merusak kulit, karena residunya dapat menyumbat pori-pori sepanjang malam dan menyebabkan jerawat.

Jadi, selelah apapun Anda, selalu cuci wajah hingga bersih dan tidurlah dengan kulit tanpa sisa pulasan makeup.

3. Tidur tengkurap: Mungkin terdengar agak aneh, tetapi tidur tengkurap bisa menyebabkan jerawat. Saat tidur dalam posisi seperti ini, kulit wajah jadi bersentuhan langsung dengan sarung bantal dan terjadi gesekan antara kulit bersama sarung bantal sepanjang malam.

4. Pakai minyak rambut semalaman: Minyak rambut bagus untuk rambut, tetapi bisa berikan efek samping pada kulit. Pemilik kulit berminyak sebaiknya tidak tidur dengan pakai minyak rambut alias hair oil, karena minyak merembes sepanjang malam. Nah, kelebihan sebum inilah yang menyebabkan jerawat pada kulit.

5. Menggosok wajah pakai handuk kotor: Akan sia-sia sudah pakai pembersih yang tepat untuk kulit dan cara yang tepat untuk membersihkan kulit wajah, tetapi dikeringkan dengan menggunakan handuk atau waslap yang kotor.

Jelas ini akan menyebabkan jerawat, maka dari itu handuk atau waslap harus dicuci dan diganti secara teratur untuk menghindari jerawat, karena handuk atau kain waslap seperti ini merupakan tempat berkembang biaknya bakteri. Siapkan dua sampai tiga handuk dan gunakan sebagai alternatif sebelum tidur untuk memastikan kulit bebas jerawat.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.