get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

6 Deretan Kebiasaan yang Membantu Meredakan Jerawat Membandel

Rabu, 28 Desember 2022 | 20:03 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai 6 kebiasaan yang membantu meredakan jerawat membandel. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang menyebalkan dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Jerawat dapat terjadi baik pada laki-laki maupun perempuan, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Pernahkah Anda melakukan perawatan wajah agar terhindar dari jerawat namun jerawat tersebut tetaplah muncul? Jerawat di wajah biasanya muncul karena beberapa penyebab, dan cara mengobati jerawat juga beraneka ragam dan berbeda pada setiap orang.

Namun Anda bisa mencoba terapkan enam kebiasaan baik ini di rumah, untuk membantu membersihkan jerawat yang membandel. Berikut penjelasannya, dilansir dari laman resmi American Academy of Dermatolgy Association, Kamis (22/12/2022).

1. Jaga kebersihan kulit: Cuci wajah dengan lembut hingga dua kali sehari dan setelah berkeringat. Pilih pembersih yang lembut dan tidak abrasive, oleskan sabun dengan ujung jari, karena menggosok dengan waslap, spons, dan alat lain dapat mengiritasi kulit.

2. Memilih perawatan kulit yang tepat : Gunakan produk perawatan kulit yang lembut dan bebas alkohol. Hindari produk yang dapat mengiritasi kulit, termasuk astringent, toner, dan exfoliant. Produk-produk ini diketahui bisa bikin kulit kering dan memperparah jerawat.

3. Keramas secara teratur : Minyak dari rambut dapat menyebabkan jerawat di dahi. Jika punya tipe rambut berminyak, keramaslah lebih sering agar minyak dari rambut tak berpindah ke dahi dan jauhkan rambut dari wajah.

4. Disiplin perawatan: Mencoba perawatan jerawat baru terlalu sering bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat itu sendiri. Berikan waktu perawatan untuk bekerja, mungkin perlu beberapa minggu hingga beberapa bulan sebelum hasilnya terlihat. Alias tetaplah stick pada perawatan yang sudah dijalani sejak awal.

5. Tak terlalu sering menyentuh wajah : Menyentuh wajah terlalu sering memungkinkan tumbuhnya jerawat dan menyebabkan jerawat membandel. Jangan pula memencet jerawat bikin jerawat jadi membutuhkan waktu lebih lama untuk dibersihkan dan meningkatkan risiko hiperpigmentasi pasca inflamasi, yaitu meninggalkan bintik atau noda hitam pada kulit wajah.

6. Pakai sunscreen non-comedogenic: Alias tidak akan menyumbat pori-pori.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut