get app
inews
Aa Read Next : Polisi Temukan Jasad Mahasiswa UI Diduga Tewas Dibunuh Seniornya

Pesta Halloween Berdarah di Itaewon, Ratusan Orang Gelar Aksi Protes! Tuntut Keadilan Bagi Kaum Muda

Senin, 07 November 2022 | 11:59 WIB
header img
Warga Korsel gelar aksi protes terkait tragedi berdarah pesta Halloween (Foto: Yonhap/EPA)

SEOUL, iNewsKarawang.id - Terkait tragedi berdarah pesta Halloween yang terjadi di Itaweon, Seoul, Korea Selatan (Korsel), gelombang kemarahan  terus mengalir dari warga. 

Mereka  menilai pemerintah Korsel gagal menangani insiden yang menewaskan banyak anak muda itu dan tidak bisa melindungi mereka.

Seperti diketahui, pada 29 Oktober lalu, kerumunan massa yang mematikan menewaskan 156 orang - kebanyakan anak muda - dan melukai 196 lainnya selama perayaan Halloween di distrik kehidupan malam Itaewon.

Tak tinggal diam, 200 pengunjuk rasa menggelar aksi protes dari berbagai kelompok politik pemuda. Mereka berkumpul di dekat lokasi kejadian di Itaewon, memegang spanduk bertuliskan "Pada 6:34 negara tidak ada [untuk para korban]".

Mengenakan pakaian hitam dan masker wajah, mereka mengangkat tinggi-tinggi spanduk bertuliskan: "Pada 6:34 negara tidak ada [untuk para korban]".

Kelompok protes ini diorganisir oleh Candlelight Action, aliansi kelompok progresif, yang telah mengadakan protes politik reguler terhadap Presiden Yoon bahkan sebelum tragedi Itaewon.

Protes itu diadakan di dekat Balai Kota yang melihat dua jalur jalan utama diblokir untuk menampung puluhan ribu pengunjuk rasa. Banyak yang membawa tanda protes berwarna hitam yang bertuliskan "Mundur adalah ungkapan belasungkawa" - pesan yang ditujukan untuk Presiden Yoon.

"Mundur, pemerintahan Yoon Suk-yeol! Mundur, pemerintahan Yoon Suk-yeol!,” teriak para pendemo sambil melambaikan lilin dan plakat mereka, dikutip BBC.

Ini mengacu pada saat panggilan darurat pertama dilakukan ke polisi, beberapa jam sebelum tragedi berdarah itu benar-benar terjadi. Total ada 11 panggilan yang dilakukan malam itu.

Setelah mengamati keheningan selama satu menit sambil menghadap ke gang, kepala mereka tertunduk, kelompok itu diam-diam berbaris menyusuri jalan raya utama Itaewon yang sibuk.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut