Logo Network
Network

10 Deretan Makanan untuk Mengatasi Susah Tidur, Salah Satunya Kacang-kacangan

Kiki Oktaliani , MNC Portal
.
Rabu, 26 Oktober 2022 | 13:45 WIB
10 Deretan Makanan untuk Mengatasi Susah Tidur, Salah Satunya Kacang-kacangan
Kacang-kacangan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas deretan makanan untuk mengatasi susah tidur. Susah tidur atau sering disebut dengan insomnia, dimana seseorang sulit tidur nyenyak yang berkelanjutan yang dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Pasalnya, bisa tidur yang berkualitas akan membantu kita untuk lebih produktif keesokkan harinya. Selain itu dengan tidur yang cukup dan berkualitas, akan mengurangi terkena penyakit kronis tertentu, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Salah satu faktor eksternal, yang dapat membantu Anda untuk mengatasi susah tidur bisa didapatkan dari makanan. Apa saja makanan yang bisa membantu untuk mengatasi susah tidur? Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (25/10/2022) berikut ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Almond: Makan almond secara teratur dikaitkan membantu menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Hal ini dikaitkan dengan kandungan almond yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat, serat, dan antioksidannya. Almond juga diklaim membantu meningkatkan kualitas tidur juga, karena merupakan sumber hormon melatonin. Melatonin mengatur jam internal dan memberi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur.

2. Teh chamomile: Memiliki beberapa sifat unik yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Secara khusus, teh chamomile mengandung apigenin. Antioksidan ini mengikat reseptor tertentu di otak yang dapat menyebabkan kantuk dan mengurangi insomnia.

3. Kiwi: Dalam penelitian selama 4 minggu, 24 orang dewasa mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur setiap malam. Hasilnya, di akhir penelitian, peserta tertidur 42 persen lebih cepat daripada ketika mereka tidak makan apa pun sebelum tidur. Efek tidur dan kiwi dikaitkan dengan serotonin, bahan kimia otak yang membantu mengatur siklus tidur.

4 Ikan: Kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak berpotensi meningkatkan kualitas tidur, karena keduanya terbukti meningkatkan produksi serotonin. Ikan berlemak contohnya salmon, tuna, trout, dan mackerel. Kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak berpotensi meningkatkan kualitas tidur, karena keduanya terbukti meningkatkan produksi serotonin.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini