get app
inews
Aa Read Next : Berikut Prediksi Line Up Timnas Indonesia U-22 vs Timnas Kamboja U-22 di SEA Games 2023

Sering Insomnia? Begini Cara Atasi Insomnia

Selasa, 31 Mei 2022 | 19:47 WIB
header img
Mengalami insomnia (Foto: Spectrum health beat)

Kebanyakan masyarakat Indonesia dan masyarakat di berbagai belahan dunia mengeluhkan hal yang sama, yakni masalah insomnia atau susah tidur. Mata dalam keadaan terpejam, namun pikiran tetap beroperasi. Sebagian masyarakat melakukan berbagai cara agar bisa tidur dengan nyenyak tanpa insomnia. Beberapa masyarakat pun konsultasi ke dokter dan meminta obat agar beristirahat dengan normal, yakni tidur di waktu yang tepat.

Selain Konsultasi ke dokter, apakah ada cara lain? Seperti dilansir dari laman Health Line, berikut ini empat cara mengobati insomnia. Supaya Anda bisa tidur nyenyak.

1. Pijat

Penelitian  menemukan, terapi pijat bermanfaat bagi penderita insomnia, bisa meningkatkan kualitas tidur dan disfungsi pada siang hari. Ini juga dapat mengurangi perasaan sakit, kecemasan, dan depresi.

Meskipun pijat umumnya aman, tanyakan kepada dokter terlebih dahulu, jika Anda memiliki masalah kesehatan khusus yang dapat menghambat manfaatnya.

2. Meditasi Kesadaran

Sambil duduk tenang, ambil napas secara perlahan dan lakukan berulang. Hal ini dapat mengamati kondisi fisik dan mental Anda yang sedang tidak stabil. Anda bisa melakukannya saat pagi atau sore hari.

Meditasi kesadaran memiliki banyak manfaat kesehatan yang sejalan dengan gaya hidup sehat, serta mendorong tidur lebih nyenyak. Kemudian bisa mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kekebalan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut