get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Sering Minum Kopi? Begini 4 Efek Sampingnya jika Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Selasa, 03 Januari 2023 | 15:11 WIB
header img
Ilustrasi kopi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Sejak dahulu kala, hampir semua orang mengenal kopi sebagai zat yang dapat meningkatkan suasana hati, metabolisme tubuh, kinerja mental dan fisik. Kopi memiliki kafein yang cukup tinggi didalamya.

Kopi pun menjadi salah satu cara untuk meningkatkan energi, tidak heran jika kemudian kopi menjadi bagian dari gaya hidup. Penelitian juga menunjukkan bahwa aman bagi kebanyakan orang bila dikonsumsi dalam jumlah rendah hingga sedang.

Namun, kafein dosis tinggi mungkin memiliki efek samping yang tidak menyenangkan dan bahkan berbahaya. Selain itu gen seseorang memiliki pengaruh besar pada toleransi tubuh terhadap kafein.

Beberapa orang dapat mengonsumsi lebih banyak kafein daripada yang lain tanpa mengalami efek negatif. '

Berikut adalah 5 efek samping dari terlalu banyak kafein, yang dilansir dari Healthline.

1. Susah Tidur

Kemampuan kafein untuk membantu orang tetap terjaga merupakan keunggulan dan kualitas dari kafein terutama yang ada pada kopi. Disisi lain terlalu banyak kafein juga dapat mempersulit untuk tidur lebih awal atau cukup.

Studi menemukan bahwa asupan kafein yang lebih tinggi meningkatkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk tertidur. Hal tersebut juga dapat mengurangi waktu tidur total, terutama pada orang tua. Meskipun kopi dan teh adalah sumber kafein yang paling tinggi, namun kandungan kafein ini juga ditemukan dalam soda, kakao, minuman berenergi, dan beberapa jenis obat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein bekerja di dalam tubuh selama rata-rata lima jam, periode waktunya dapat berkisar dari satu setengah jam hingga sembilan jam, tergantung pada individu. Penting untuk memperhatikan jumlah dan waktu Anda mengkonsumsi kafein agar tak mempengaruhi kualitas tidur.

2. Kecemasan

Kafein bekerja dengan menghalangi efek adenosin, zat kimia otak yang membuat tubuh merasa lelah. Pada saat yang sama, hal itu memicu pelepasan adrenalin, hormon "fight-or-flight" yang terkait dengan peningkatan energi. Namun, pada dosis yang lebih tinggi, efek ini bisa menjadi lebih jelas, menyebabkan kecemasan dan kegugupan.

Faktanya, gangguan kecemasan yang diinduksi kafein adalah salah satu dari empat sindrom terkait kafein yang tercantum dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM), yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association.

Asupan harian yang sangat tinggi 1.000 mg atau lebih per hari dilaporkan menyebabkan kegugupan, kegelisahan, dan gejala serupa pada kebanyakan orang, sedangkan asupan sedang dapat menyebabkan efek serupa pada individu yang sensitif terhadap kafein. Selain itu, dosis sedang telah terbukti menyebabkan pernapasan cepat dan meningkatkan tingkat stres saat dikonsumsi sekaligus.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut