Cara agar Cepat Tidur Menurut Islam

Rilo Pambudi
.
Kamis, 13 Oktober 2022 | 17:47 WIB
Foto: Ist

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Islam memiliki beberapa cara tersendiri agar seseorang cepat tidur dan tidak mengalami insomnia. Tips agar cepat tidur menurut Islam merupakan metode efektif untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktivitas.

Agar bisa cepat tidur dan nyenyak, Islam memiliki anjuran yang sederhana. Antara lain adalah terkait doa atau amalan yang dibaca, hingga posisi tidur yang tepat.

1. Berwudhu Sebelum Tidur

Sebelum tidur, Nabi Muhammad memiliki kebiasaan berwudhu terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk senantiasa menjaga kesucian dan memberikan rasa tenang serta terhindar dari mimpi buruk.

"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat." (HR. Al-Bukhari)

2. Membaca Doa dari Nabi

Doa agar bisa cepat tidur, ada doa dari Rasulullah yang diriwayatkan dalam hadits riwayat Zaid bin Tsabit. Terdapat sebuah kisah bahwa pada ada suatu malam Zaid bin Tsabit suatu mengadu kepada Rasulullah SAW karena semalaman tidak bisa tidur.

Setelah itu, Nabi Muhammad mengajarkannya doa untuk mengatasi masalah sulit tidur yang disebabkan kegelisahan tersebut, yakni:

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّ ومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Latin: “Allahumma gharatin nujum wa hada atil ‘uyun, wa anta hayyun qayyumun, la ta’khudzuhu sinatun wa la naum yaa hayyu, ya qayyum, ahdi’ laili wa anim ‘ayni.”

Artinya: “Tuhanku, bintang-bintang telah ‘tenggelam’, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Dzat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.” (HR. At Tabhrani )

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini