get app
inews
Aa Read Next : 3 Bahan Masker Alami Atasi Kulit Wajah Belang

Begini Manfaat Retinol Bagi Kulit Wajah! Yuk Simak

Minggu, 26 Juni 2022 | 10:39 WIB
header img
Pemakaian retinol (Foto: Freepik)

Artikel ini akan membahas mengenai retinol. Bagi kaum hawa tentunya tidak asing dengan retinol. Retinol seringkali dianggap sebagai “holy grail” dalam dunia kecantikan wajah. Retinol merupakan salah satu skincare yang paling banyak digunakan oleh para beauty enthusiast.

Tidak hanya dianggap cukup ampuh melawan penuaan, retinol juga dipercaya mengatasi jerawat bahkan menyamarkan noda hitam, dan membuat kulit wajah jadi bersih dan cerah. Retinol sendiri mengandung retinoid yang merupakan turunan dari vitamin A.

"Retinol adalah zat tidak aktif, tapi ketika diaplikasikan pada kulit, retinol menjadi aktif," terang dr. Joshua Zeichner dari Mount Sinai Medical Center, dikutip dari Prevention, Kamis (23/6/2022).

Setelah diaplikasikan di kulit, retinol menjadi asam retinoat. Adanya proses konversi inilah yang membuat efek dari retinol tidak bisa langsung terlihat, namun perlahan memperlihatkan hasil baik di kulit wajah.

“Ini bukan berarti retinol tidak sebaik retinoid yang memang bisa terlihat hasilnya segera. Penggunaan retinol harus rutin untuk melihat hasilnya," tambah dr. Melanie Palm, dokter kulit di Scripps Encinitas Memorial Hospital.

Nah, bicara manfaat, retinol dinilai memang sangat baik untuk perawatan anti-aging karena bisa merangsang pertumbuhan kolagen dalam kulit. Sehingga kulit wajah jadi kenyal, tak mengendur, dan tampak lebih awet muda.

"Saat retinol mengikat reseptor retinoid pada kulit, ini meningkatkan pergantian sel dan merangsang produksi kolagen kulit," kata dr. Zeichner

Dengan begitu, retinol yang dipakai akan memberi efek memperbaiki garis-garis halus di wajah, memperbaiki tekstur kulit wajah, bahkan memberi kesan kulit wajah yang halus.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut