Logo Network
Network

Ini 6 Urutan Skincare yang Tepat agar Kulit Sehat

Muhammad Sukardi/Boby
.
Kamis, 23 Februari 2023 | 16:43 WIB
Ini 6 Urutan Skincare yang Tepat agar Kulit Sehat
6 Urutan Skincare (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Penggunaan skincare yang tepat, termasuk pengaplikasiannya di wajah, punya peranan penting dalam menghasilkan kulit yang sehat dan terjaga. Tapi, sayangnya masih ada sebagian orang yang mungkin salah urutan menggunakan skincare

Karena banyak  faktor yang menentukan kulit seseorang terlihat sehat. Selain menjaga asupan makanan dan minuman, serta cukup istirahat, skincare yang cocok juga sangat memegang peranan penting.

Untuk itu, Beauty Enthusiast Inne Anastasia coba menjelaskan urutan skincare yang tepat agar hasil perawatan bisa terlihat maksimal. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Cuci muka dengan facial foam

Inne merekomendasikan untuk memilih facial foam atau pembersih wajah dengan tekstur busa yang lembut, sehingga mampu membersihkan dan mengangkat kotoran membandel pada kulit. Cuci muka dengan facial foam setidaknya 2 kali sehari untuk hasil optimal.

"Usahakan juga pilih facial foam yang mengandung Licorice, Niacinamide, dan Sodium PCA untuk mencerahkan kulit wajah hingga leher dengan lebih optimal," terangnya pada MNC Portal, Rabu (6/10/2021).

2. Aplikasikan skin tonic

Jika sudah cuci muka, maka kini waktunya mengaplikasikan skin tonic atau toner. "Toner cukup penting untuk benar-benar memaksimalkan pembersihan kulit wajah dari kotoran, polusi, atau makeup," terang Inne yang juga owner In Perfection Clinic.

Toner rekomendasi Inne adalah yang mengandung Lactic Acid, Gluconolactone, dan Salicylic Acid sebagai 'shooting agent' yang cocok untuk digunakan setiap hari.

3.Pakai daily cream

Tahap berikutnya adalah pakai krim. Pilih day cream dengan tekstur lembut, ringan, terasa transparan, dan tidak lengket di kulit. Komposisi seperti itu menurut Inne yang membuat kulit terlihat lembap.

"Jika ingin hasil optimal, pilih daily cream yang mengandung Hexylresorcinol dan Niacinamide untuk mencerahkan kulit dengan mengangkat sel kulit mati," saran Inne.

Hexylresorcinol sendiri berfungsi untuk mencerahkan kulit dengan kandungan anti-melanin yang berkolaborasi secara optimal dengan vitamin C untuk kulit yang lebih cerah. "Zat aktif ini juga dipercaya dapat mengatasi hiperpigmentasi," tambah Inne.

4. Oleskan brightening serum

Untuk hasil maksimal, disarankan juga mengaplikasikan brightening serum. Menurut Inne, pilih yang ada kandungan Hexylresorcinol, Glycerin, dan Butylene Glycol.

"Serum yang bertekstur lembut dan mudah menyerap akan membantu memelihara kelembapan kulit dengan baik, sehingga kulit tampak segar sepanjang hari," kata Inne.

5.Jika perlu pakai white serum

Jika Anda ingin membuat kulit terlihat segar dan cerah, maka bisa menambahkan step whitening serum. Jangan asal pakai whitening serum, saran Inne, pilih yang ada kandungan Tranexamic Acid yang berfungsi untuk meratakan warna kulit.

"Tranexamic Acid itu juga dapat menghambat tirosinase yaitu enzim yang merangsang produksi melanin di kulit. Zat aktif ini juga dapat mengatasi bekas jerawat," terangnya.

6. Sunscreen di ujungnya

Sebagai akhir dari penggunaan skincare, Inne menyarankan agar mengoleskan sunscreen secara merata ke seluruh wajah dan leher. Pastikan diaplikasikan dengan rata, karena kalau tidak akan terlihat tidak maksimal kulit wajahnya.

Inne mengatakan sunscreen yang baik dipakai itu yang bertekstur ringan, lembut, dan mudah menyerap ke kulit. Sun screen gel dengan SPF 50 PA++++ dan Niacinamide menurutnya sangat cocok dipakai di siang hari, karena diperkaya dengan kandungan yang mampu menjaga kulit.

"Bukan hanya soal urutan penggunaan skincare yang tepat saja yang harus diperhatikan, Anda juga harus jeli mengenali setiap produk salah satunya soal apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM atau tidak. Itu poin penting juga untuk menentukan skincare yang bermanfaat untuk kulit wajah," tambah Inne.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini