Pasca Perpanjang Kontrak hingga 2027 Ada 6 Agenda Besar Shin Tae-yong, Apa Saja?

Wikanto Arungbudoyo/Boby
Shin Tae-yong dinanti enam agenda besar di Timnas Indonesia (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Setelah resmi perpanjang kontrak hingga 2027. Beberapa ajang sudah menanti sang pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Berikut enam agenda besar Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Sekedar diketahui, PSSI baru saja resmi memperpanjang kontra dengan  Shin Tae-yong untuk menangani Timnas Indonesia hingga 2027.

Sejumlah agenda sudah menanti Shin di Timnas Indonesia. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

6 Agenda Besar Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia sebagai berikut :

1. Piala Asia 2027

Ajang ini bisa menjadi kiprah terakhir Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Piala Asia 2027 rencananya akan digelar di Arab Saudi.

Tim Merah Putih sudah pasti berlaga di ajang itu setelah menjadi bagian dari 18 tim di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Shin harus menyiapkan tim dengan sebaik-baiknya untuk tiga tahun ke depan.

Sebab, Indonesia sudah mencatat sejarah dengan lolos dari fase grup untuk pertama kali di Piala Asia. Tentu, catatan itu ingin diulangi bahkan jika bisa dilampaui pada 2027.

2. Piala Dunia 2026 (jika Lolos)

Piala Dunia 2026 menjadi target Timnas Indonesia bersama Shin. Dengan pemekaran jumlah peserta hingga 48 tim, Benua Asia (AFC) mendapat tambahan slot menjadi 8,5.

Jumlah tersebut cukup realistis untuk dikejar Timnas Indonesia. Jika lolos, maka Shin mendapat tugas berat di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

3. SEA Games 2025 dan 2027

Tak hanya Piala Asia U-23, Shin juga akan bertugas di SEA Games 2025 dan 2027. Mempertahankan medali emas pada ajang tahun depan jadi pekerjaan rumah buatnya.

Sebab, Shin sebelumnya hanya mampu menyumbang medali perunggu pada 2021. Patut dinanti seberapa mujarab polesan tangan pria asal Korea Selatan itu.

4. Piala Asia U-23 2026

Shin Tae-yong akan tetap menangani Timnas Indonesia U-23. Oleh karena itu, ia akan memimpin Garuda Muda dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2026 yang berlangsung tahun depan.

Tugas berat ada di pundaknya untuk mengulangi kesuksesan di Piala Asia U-23 2024. Apalagi, ini menjadi kesempatan emas untuk menebus kesedihan karena gagal lolos ke Olimpiade.

5. Piala AFF 2024 dan 2026

Jangan lupa, Piala AFF tetap menjadi salah satu prioritas. Indonesia masih penasaran untuk merajai kompetisi bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Piala AFF terdekat akan berlangsung pada November-Desember 2024. Ini menjadi momentum pas bagi Indonesia untuk juara, atau paling tidak pada kesempatan berikutnya yakni 2026.

6. Kualifikasi Piala Dunia 2026

Agenda terdekat jelas Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Shin harus mempersiapkan Timnas Indonesia untuk melakoni 10 laga di putaran ketiga.

Apalagi, Skuad Garuda masuk ke Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang terhitung neraka. Sebab, di sana bercokol tim-tim papan atas seperti Timnas Jepang, Timnas Arab Saudi, Timnas Bahrain, dan Timnas China!

Itu tadi enam agenda besar Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia setelah resmi perpanjang kontrak hingga 2027. Semoga artikel ini berguna untuk pembaca sekalian.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network