get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024: Garuda Nusantara Siap Tempur!

Pengamat Desak Shin Tae-yong Segera Benahi Kekurangan Skuad Timnas Indonesia, Jelang Hadapi Filipina

Sabtu, 08 Juni 2024 | 08:45 WIB
header img
Shin Tae-yong diminta membenahi hal ini jelang laga Timnas Indonesia vs Timnas Filipina (Foto: Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Pelatih Timnas Inodnesia Shin Tae-yong untuk membenahi kekurangan jelang melawan Timnas Filipina. Hal itu krusial guna meraih kemenangan dan tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Hal itu disampaikan oleh Pengamat sepakbola, Mohamad Kusnaeni ketika dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI), Sabtu (8/6/2024).

Menurut Bung Kus sapaan akrab Kusnaeni mengatakan, Timnas Indonesia menelan kekalahan 0-2 dari Timnas Irak dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Namun hasil tersebut sangat disayangkan, mengingat Skuad Garuda bermain di markasnya sendiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis 6 Juni 2024.

Menanggapi kekalahan itu, Bung Kus mengungkapkan, Timnas Indonesia sejatinya tampil apik. Namun cukup disayangkan Marselino Ferdinan cs kerap melakukan kesalahan yang berujung fatal. Ditambah lagi, finishing juga kurang memuaskan.

“Indonesia sebetulnya main cukup bagus. Khususnya di babak pertama di mana kita menguasai permainan dan menciptakan beberapa peluang. Sayangnya, kita kurang tajam dalam penyelesaian akhir,” kata Bung Kus.

"Kita juga masih sering bikin kesalahan sendiri. Khususnya di lini belakang yang memberi peluang lawan untuk mendapat kesempatan mencetak gol,” lanjutnya.

“Kombinasi kegagalan dalam finishing dan kesalahan sendiri dalam bertahan membuat situasi berbalik. Babak kedua, Irak memanfaatkan situasi itu untuk balik menekan dan mengambil keuntungan,” terang wartawan olahraga itu.

Bung Kus mewanti-wanti Shin untuk segera membenahi permasalahan tersebut jelang laga melawan Filipina. Ia juga berharap, para pemain Timnas Indonesia tidak panik saat memegang bola sehingga terhindar dari kesalahan-kesalahan yang membuat lawan untung.

“Lawan Filipina, situasi tersebut tidak boleh terulang. STY harus memperbaiki penyelesaian akhir, khususnya di lini depan,” kata Kusnaeni.

“STY juga harus memperbaiki koordinasi dan komunikasi pemain saat bertahan. Jangan mudah panik sehingga berujung kesalahan sendiri,” tandasnya.

Kekalahan dari Irak memang membuat Timnas Indonesia belum bisa mengunci tiket ke babak ketiga. Peluang lolos masih terbuka dengan syarat mengalahkan Filipina di SUGBK, Selasa 11 Juni 2024 malam WIB.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut