Pekerja di Atas 1 Tahun Wajib Dapat Kenaikan Gaji, Ini Aturan Perppu Ciptaker

Iqbal Dwi Purnama , Okezone
Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos) Kemnaker, Indah Anggoro Putri menyampaikan kalau perusahan harus meningkatkan upah pekerja yang usianya di atas satu tahun.

"Ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Ciptakerja dalam hal struktur dan skala upah,"ujar Indah dalam Sosialisasi Perppu Ciptaker melalui kanal YouTube Kepmenaker pada Kamis (5/1/2023).

Menurut Indah, artinya upah yang berjenjang, artinya semakin baik produktivitasnya, semakin lama bekerja dan tidak punya catatan negatif, maka pekerja harus mengalami peningkatan upah, diatas satu tahun bekerja.

Indah menyebutkan dalam pasal 92 ayat (1) Perppu Ciptaker disebutkan bahwa Pengusaha wajib menyusun struktur dan skala upah di perusahaan dengan memperhatikan kemampuan dan produktivitas.

Sedangkan pada ayat (2) dijelaskan lebih lanjut jika, struktur dan skala upah digunakan sebagai pedoman Pengusaha dalam menetapkan Upah bagi Pekerja/Buruh yang memiliki masa kerja satu tahun atau lebih.

"Ada yang bilang upah berbasis produktivitas, yang penting pesannya adalah pekerja yang masa kerja satu tahun ke atas harus memiliki atau harus diperlakukan mengikuti upah berbasis produktivitas," katanya.

Sehingga menurutnya hal tersebut menjadi kewajiban perusahaan untuk meningkatan upah para pekerja yang usia kerjanya di atas 1 tahun.

Sebab para pekerja tersebut sudah tidak lagi mengikuti ketentuan kebijakan kenaikan upah minimum yang ditetapkan oleh Gubernur karena hanya berlaku untuk pekerja dengan masa kerja kurang dari 1 tahun.

"Ini wajib, sifatnya penegasan kembali, kewajiban perusahaan menetapkan struktur skala upah," pungkasnya.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network