get app
inews
Aa Read Next : Menko Airlangga Sebut Tidak Ada Rencana Pembatasan BBM Subsidi, Begini Penjelasannya!

Rencananya Gaji PNS Naik Lagi Tahun Depan, Berapa Besarannya?

Sabtu, 20 Juli 2024 | 09:16 WIB
header img
Menko Airlangga mengonfirmasi, rencana kenaikan gaji ASN pada tahun 2025 yang bakal disesuaikan dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025. Foto/Dok

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Rencana kenaikan gaji untuk aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun 2025. Namun belum diungkapkan detail kenaikan gaji PNS yang bakal disesuaikan dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan hal itu di Jakarta, Jumat (19/7/2024).

"Ya, (ada rencana kenaikan), akan disesuaikan,” ucap Menko Airlangga.

Menurut Airlangga, dokumen KEM-PPKF 2025 telah diperbarui di mana salah satu arah kebijakan fiskal tahun depan adalah restrukturisasi belanja pegawai.

Pemerintah berencana untuk merestrukturisasi belanja pegawai, yang meliputi gaji dan tunjangan melekat, tunjangan kinerja daerah, serta iuran pensiun dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kata Airlangga, belum terdapat rincian mengenai besaran kenaikan gaji PNS pada tahun depan. Menko Airlangga hanya menyatakan bahwa penyesuaian gaji bersifat peningkatan alias kenaikan.

“Kalau penyesuaian kan ke atas,” bebernya. Tak hanya itu, pemerintah juga berencana menghemat komponen belanja pegawai dengan menyesuaikan kebijakan kepegawaian, mencakup penyusunan formasi PNS,"terangnya.

Lanjut Airlangga, langkah ini didasarkan pada analisis jabatan dan/atau analisis kebutuhan pegawai, penerapan kebijakan pengurangan jumlah pegawai secara bertahap (minus growth), dan penerapan kebijakan mutasi pegawai antar-daerah.

Secara historis pada 2024, pemerintah telah menaikkan gaji ASN sebesar 8%, ditambah THR dengan tunjangan kinerja 100%, ditambah gaji ke-13.

Diketahui KEM-PPKF merupakan dokumen resmi negara yang menjadi acuan untuk penyusunan Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025. Inilah yang akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 16 Agustus mendatang.

Dalam KEM-PPKF, Kementerian Keuangan dan DPR telah menyepakati asumsi makro dengan rincian sebagai berikut.

Pertumbuhan ekonomi diperkirakan antara 5,1-5,5%, laju inflasi 1,5-3,5%, nilai tukar rupiah Rp 15.300 -Rp 15.900 per dolar AS, tingkat suku bunga Surat Berharga Negara (SBN) 10 tahun 6,9-7,2%, harga minyak mentah Indonesia (ICP) USD75-85 per barel, lifting minyak bumi 580-605 ribu barel per hari, serta lifting gas bumi 1,003-1,047 juta barel setara minyak per hari.

Pendapatan negara diperkirakan antara 12,30-12,36% terhadap produk domestik bruto (PDB), belanja negara 14,59-15,18% terhadap PDB, dan defisit 2,29-2,82%.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut