Kepala Stasiun Klimatologi Jelaskan Fenomena Kabut Tebal di Karawang

Faizol Yuhri
Ilustrasi kabut. (Foto: Istimewa)

KARAWANG, iNews.id - Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat Indra Gustari jelaskan penyebab fenomena kabut yang baru-baru ini terjadi di Kabupaten Karawang.

Fenomena kabut yang terjadi dinihari di Karawang itu merupakan hal biasa. Indra meminta warga Karawang agar tidak panik.

"Kabut ini biasa terjadinya jika pelepasan panas dari permukaan buminya maksimal, yaitu pada malam atau dini hari dalam bentuk gelombang panjang. Radiasi gelombang panjang dari permukaan bumi tersebut menjadi optimum jika langit cerah (tidak ada awan) khususnya pada musim kemarau," kata Indra saat dihubungi, Minggu (19/6/2022). 

Indra juga menjelaskan, fenomena kabut di Karawang bukan hal yang berbahaya. Karena kabut terjadi akibat variabilitas iklim atau musim. Sebab dari analisis Stasiun Klimatologi Jawa Barat, pada awal Juni tahun 2022, Kabupaten Karawang telah memasuki musim kemarau.

"Analisis Stasiun Klimatologi Jawa Barat, sampai awal Juni 2022 ini beberapa wilayah di Jawa Barat sudah memasuki musim kemarau, yaitu di pesisir utara Jawa Barat (mulai dari Karawang, bagian utara Bekasi, sebagian besar Subang dan sebagian besar Indramayu) dan sebagian wilayah tengah," katanya.

Editor : Faizol Yuhri

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network