get app
inews
Aa
Read Next : 80 dari 100 Ribu Anak Kena Pneumonia, Ini Data Terbaru Diungkap Peneliti Eropa

Kasus Cacar Monyet Bertambah Lagi. 3 Negara Terdeteksi, Termasuk Uni Emirat Arab

Rabu, 25 Mei 2022 | 11:31 WIB
header img
Virus cacar monyet (Foto: Science Photo Library)

Jerman mengatakan telah memesan hingga 40.000 dosis vaksin Imvanex - yang digunakan untuk mengobati cacar, tetapi juga efektif melawan cacar monyet - untuk disiapkan jika wabah memburuk.

Siapa pun yang sudah divaksinasi dengan vaksin cacar bertahun-tahun yang lalu sebagai bagian dari upaya global untuk memberantas penyakit harus memiliki kekebalan yang ada, kata pejabat kesehatan Jerman. Tetapi mereka menambahkan bahwa pengobatan yang lebih tua memiliki lebih banyak efek samping sehingga tidak cocok untuk memerangi cacar monyet saat ini.

Sementara itu, Prancis telah mendeteksi tiga kasus, pejabat mengumumkan kampanye vaksinasi yang ditargetkan pada orang dewasa yang baru saja terpapar.

Pihak berwenang di sana merekomendasikan agar vaksin diberikan dalam waktu empat hari setelah terpapar, tetapi hingga 14 hari setelahnya jika perlu.

Di Inggris, para pejabat mengumumkan pada Selasa (24/5/2022) bahwa 14 kasus virus telah terdeteksi sehingga jumlah total kasus di Inggris menjadi 71.

Cacar monyet biasanya dikaitkan dengan perjalanan ke Afrika Tengah atau Barat, tetapi beberapa kasus yang terjadi di luar negara-negara ini tidak memiliki kaitan perjalanan.

Virus ini tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang, tetapi dapat menyebar melalui menyentuh pakaian, tempat tidur atau handuk yang digunakan oleh seseorang dengan ruam cacar monyet. Lalu menyentuh lepuh atau koreng pada kulit cacar monyet. Kemudia batuk atau bersin orang yang terkena ruam cacar monyet.

Jika Anda terinfeksi cacar monyet, biasanya diperlukan waktu antara lima dan 21 hari untuk gejala pertama muncul.

Gejalanya meliputi demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, kedinginan, dan kelelahan.

Ruam dapat berkembang, seringkali dimulai pada wajah, kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ruamnya berubah dan melewati tahapan yang berbeda - sedikit seperti cacar air - sebelum akhirnya membentuk keropeng, yang kemudian rontok.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut