get app
inews
Aa Read Next : Breaking News!Timnas Indonesia Turunkan Line Up Terbaik Hadapi Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

Shin Tae-yong Lakukan 5 Perbaikan ke Timnas Indonesia, Salah Satunya Tingkatkan Mental Skuad Garuda

Rabu, 25 Mei 2022 | 09:16 WIB
header img
5 perbaikan yang dilakukan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Kedatangan Shin Tae-yong ke skuad Merah Putih pada Januari 2020 ternyata membawa perubahan besar.

Ia serius dalam membenahi skuad Timnas Indonesia. Ia pun tak pandang bulu terhadap pemain Timnas Indonesia. Semua kelompok usia, mulai dari level 19 tahun, 23 tahun, hingga senior wajib ikuti cara latihan dari dirinya.

Berikut 5 perbaikan yang dilakukan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia:

1. Gembleng Mental Pemain

Kehadiran Shin Tae-yong menjadi pembeda kekuatan skuad Garuda. Pria 51 tahun itu pun membentuk mental pemain hingga tahan banting menghadapi siapapun lawannnya.

Hal itu tampak ketika Shin Tae-yong memboyong para pemain Timnas Indonesia U-19 dan U-23 berlatih di Korea Selatan. Ia menggembleng mental anak buahnya agar tak ciut jika bermain di kandang lawan.

Hal itu pun terbukti ampuh ketika Timnas Indonesia U-23 tak gentar hadapi Timnas Thailand U-23 di Semifinal SEA Games 2021. Meski kalah 0-1, pasukan Garuda Muda tampak ngotot sepanjang laga.

2. Tingkatkan Kedisplinan

Bukan hanya pentingnya mendulang kemenangan, Shin Tae-yong juga memberikan pelatihan mengenai kedisplinan. Ya, para penggawa Timnas Indonesia ini juga diajarkan kedisiplinan, agar tetap fokus di lapangan.

Mengenai kedisiplinan, pasukan Garuda Muda dan Garuda Nusantara pernah merasakan gemblengan Shin Tae-yong. Ketika melakukan pemusatan latihan di Korea Selatan, para pemain harus bisa membagi waktu antara latihan dan waktu senggang.

Selain itu, Shin Tae-yong pun diketahui membatasi para pemain bermain media sosial. Kedisplinan seperti itu ternyata cukup efektif di lapangan.

3. Tidak Cepat Puas dengan Kemenangan

Shin Tae-yong juga menuntut lebih skuad Timnas Indonesia agar tidak cepat puas akan sesuatu hal. Ia pengin Timnas Indonesia selalu haus akan kemenangan.

Hal itu diketahui penting untuk menjaga mental kompetisi seorang pemain. Apa yang dilatih Shin Tae-yong ternyata cukup membuahkan hasil. Hal itu tampak dari penyisihan Grup A SEA Games 2021 silam.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut